Pengembangan Alat Latihan Jumping Smash Bulutangkis Berbasis Teknologi Machine pada Atlet Kabupaten Bima
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v8i3.32106Keywords:
Tool; smash; badminton; technology; machineAbstract
Kemampuan bergerak cepat ke segala arah, termasuk melakukan lompatan untuk jumping smash, merupakan keterampilan yang esensial bagi atlet bulu tangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengaplikasikan alat latihan jumping smash berbasis mesin bagi atlet bulu tangkis. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian berjumlah 25 atlet bulu tangkis. Proses validasi melibatkan lima orang pakar, meliputi validasi pakar media (rata-rata 85,00; kategori sangat baik), validasi alat mesin dengan rata-rata 80,00 (kategori sangat baik), validasi operator mesin dengan rata-rata 75,00 (kategori baik), validasi instruktur pakar dengan rata-rata 89,00 (kategori sangat baik), dan uji hasil latihan jumping smash dengan rata-rata 88,00 (kategori sangat baik). Berdasarkan validasi pakar, tidak diperlukan revisi, sehingga produk dinyatakan sangat baik. Hasil keseluruhan revisi ahli diuji dalam skala besar dengan skor rata-rata 80,00, yang sangat baik dan layak digunakan. Hasil ini menunjukkan bahwa alat latihan smash lompat berbasis mesin yang dikembangkan efektif, layak, dan sesuai untuk kebutuhan latihan atlet bulu tangkis.
References
Anugrah, R. R., & Dermawan, D. F. (2022). Kontribusi Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Joki, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.55081/joki.v3i1.723
Azka, H. H. Al, Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Imajiner, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473
Dlis, F., Haqiyah, A., Hidayah, N., & Riyadi, D. N. (2019). Application of Sport Science on Development of Exercise Model Strokes Badminton Based on Footwork. Journal of Education, Teaching and Learning, 4(2), 251–256. https://doi.org/10.26737/jetl.v4i2.1292
Hidayat, T., Fauqi, A., Oktavianis, E., & Ramadhan, R. (2024). Pengembangan Modul Sport Science Bulu Tangkis Berbasis Android dalam Meningkatkan Prestasi Atlet Pendahuluan. Jurnal Porkes, 7(2), 1013–1023. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i2.27428
Hidayat, T., Munandar, R. A., Zulfikar, I., & Kurniawan, Y. (2025). Pengaruh Metode Latihan Plyometric terhadap Kemampuan Jumping Smash pada Atlet Porprov Bulu Tangkis dengan Penerapan Sport Science. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(3), 108–113. https://doi.org/10.37630/jpo.v15i3.2745
Jamalong, A. (2014). Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional Secara Dini Melalui Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM). Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(2), 156–168. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jpo.v3i2.127
Kusuma, L. S. W. (2019). Penerapan Metode Blocked Practice dan Media Footwork Berbasis Teknologi dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Bulutangkis. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 193–202. https://doi.org/10.58258/jupe.v4i4.932
Muthiarani, A., & Lismadiana, L. (2021). The Effect of Shadow Training Using Consecutive Steps and Cross Steps on the Agility of the Footwork of Badminton Athletes. Jurnal Keolahragaan, 9(1), 108–117. https://scholarhub.uny.ac.id/jolahraga/vol9/iss1/12/
Phomsoupha, M., & Laffaye, G. (2020). Injuries in Badminton: A Review Blessures en Badminton: une Revue. Science & Sports Journal, 35(4), 189–199. https://doi.org/10.1016/j.scispo.2020.01.002
Putra, R. T., & Kurniawan, D. (2020). Sosialisasi Peran Iptek dan Sport Science dalam Meningkatkan Prestasi Koni Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas Sisthana, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.55606/pkmsisthana.v2i2.104
Rohadi, M., Sugiharto, S., Rahayu, S., & Hartono, M. (2021). Latihan Model Drill, Foot Possition, Koordinasi Mata dan Tangan pada Atlet Tenis Pemula (A. Andrianto (ed.); Ed.I). Cv. ZT Corppra.
Sari, N. M., Iyakrus, I., Bayu, W. I., Syafaruddin, S., & Yusfi, H. (2022). Pengembangan Alat Latihan Smash Bulu Tangkis Berbasis Teknologi Pitcher Machine. Jurnal BRAVO’S, 10(4), 247–261. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i4.2778
Siregar, M. H., & Mulyana, D. I. (2024). Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Vision Swift dalam Sistem Pemantauan Latihan Bulu Tangkis dengan Algoritma Optical Flow. Jurnal Indonesia, 5(3), 3349–3361.
Solekhudin, D., & Royana, I. F. (2022). Smart-Bung” Media Belajar Teknik Dasar Bulutangkis Berbasis Android. Journal of Physical Activity and Sports, 3(2), 5–13. https://doi.org/10.53869/jpas.v3i2.113
Subarjah, H. (2013). Latihan Kondisi Fisik. Jurnal Educacion, 53(9), 266–27
Utomo, A. W. B., Wulandari, B., & Wahyudi, A. N. (2023). Pengaruh Latihan Footwork Terhadap Kelincahan dan Kecepatan pada Atlet Bulu Tangkis PB. Kusuma Ngawi. Jurnal Kejaora, 8(2), 207–215. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i2.2840
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yulianto, E. (2025). Peran Latihan Kata dan Kumite dalam Karate - Do Gojukai terhadap Stimulasi Motorik Halus dan Kasar Anak Sekolah Dasar. Athena: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(2), 49–63. https://athena.id-sre.org/index.php/apesj/article/view/78
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufiq Hidayat, Rizky Aris Munandar, Faisal, Arman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License

