Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3433Keywords:
Audio Visual, Renang Gaya DadaAbstract
Penelitian dilakukan karena hasil belajar siswa masih dibawah standar KKM, selain itu metode pembelajaran masih konvensional dan jarang menggunkan alat bantu berupa audio visual saat proses pemberlajaran dalam kelas. Dari hasil penelitian maka tujuan yang diperoleh ialah “ada pengaruh pembelajaran audio visual (video) terhadap kemampuan renang gaya dada Di SMP Islam Alhasanah Rekat Lauk†yang tergabung dalam ekstrakulikuler renang. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, metode pendekatan eksperimen. Populasi berjumlah 83 siswa SMP Islam Alhasanah Rekat Lauk. Sedangkan Sampel penelitian seluruh siswa yang tergabung dalam ekstrakulikuler renang berjumlah 20 siswa dari kelas 7 dan 8. Instrument penelitian mengunakan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dengan praktek renang gaya dada yang mengacu pada isi lebar observasi yaitu teknik renang gaya dada. Analisis data menggunakan rumus t test. Berdasarkan hasil penelitian dan pengumpulan data yang diperoleh pree test adalah 51,2, dan data yang diperoleh dari hasil post-test adalah 75,3 terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 24,1. setelah diberikannya perlakuan. Selanjutnya Data diuji menggunakan uji-t dan diperolehsebesar 13,586 dibandingkan dengan pada taraf signifikansi 5% dan n-1 (20-1=19) adalah 1,729. Karena lebih besar dari (>) atau ( 13,586>1,729), maka hipotesis ditolak sedangkan diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran audio visual terhadap kemampuan renang gaya dada pada siswa SMP Islam Al-Hasanah Rekat Lauk.
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Budiningsih, Annayanti.2017. Renang Gaya Bebas. Kudus: PT Pura Barutama.
Budiwanto, setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Daniyantara, D. (2018). Pembangunan Olahraga Kota Selong Kabupaten Lombok Timur Ditinjau Dari Sport Development Index. Jurnal Porkes, 1(2), 32-36.
Muliarta, I dan Giri, Made. 2015. Jurnal Internasional Vol.17. Jakarta Pusat: Kementrian Pemudadan Olahraga R.I.
Ngatiyono. 2012. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Nurhidayat, N., & Sistiasih, V. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Forehand Drive dan Backhand Drive Tenis Meja Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Porkes, 2(2), 58-63.
Prasetyo, Edo dan Moch. Yunus. 2017.Hubungan antara Frekuensi Gerakan Kaki dengan Prestasi Renang Gaya Crawl 50 Meter. Malang: Universitas Negeri Malang. Indonesia Performance Journal 1 (2) (2017).
Putri Ramadhan, Mutiara.2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Min 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Lampung: Universitas Islam Negeri.
Riduwan & Sunarto.2009.Pengantar Statistika. Bandung: ALFABETA.
Rizal Bastomi, Muhamaad dan Setiyo Hartoto.2018. Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada.Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 06 Nomor 01 Tahun 2018, 5 – 9.
Sistiasih, V. S. (2020). Peningkatan Penguasaan Teknik Renang Gaya Dada Dengan Metode Pembelajaran Resiprokal. Jurnal Porkes, 3(1), 63-70.
Sanaky, Hujair AH.2013.Media Pembelajaran Intraktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Subagyo. 2008. Teknik Renang. Bogor: Dahlia.
Sugiyanto, FX. 2010. Peningkatan Pembelajaran Dasar Gerak Renang Melalui Pendekatan Penggunaan Alat Bagi Mahasiswa PKO PemulaTahunAjaran 2010.Jurnal Evaluasi dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: FIK UNY.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hal. 4 Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License