Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Setres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4369Keywords:
Mahasiswa, Self-Efficacy, Stres akademik.Abstract
Pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 memiliki beberapa kelebihan dan kendala. Kendala-kendala ini kemudian menjadi stressor yang menyebabkan stres akademik bagi mahasiswa sehingga diperlukan keyakinan-keyakinan (self-efficacy) dalam diri setiap individu agar mampu menghadapi dan menyelesaikan segala tuntutan-tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada 252 mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang dengan usia 18-21 tahun yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Alat pengumpul data berupa kuesioner adaptasi Student-Life Stress Inventory dan General Self-efficacy (GSE). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa (R=0,169; p=0,000). Hal ini menandakan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres akademik mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang.
References
Aula, N. A. (2017). Hubungan Antara Academic Stress Dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Aula, N. A., & Leonardi, T. (2017). Hubungan Antara Academic Stress dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6, 67-76.
Azwar, S. ( 2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bandura, A. (1997). Self efficacy: the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.
Black, A. S. (2010). “Halfway between somewhere and nothing”: A exploration of the quarter-life crisis and life satisfaction among graduate students. University of Arkansas.
Dini, M. P., Fitriyasari, R., & Asmoro, C. P. (2020). The Relationship Between Self-Efficacy and Academic Workloads With Stress Of Nursing Internship: Literature Review. Psychiatry Nursing Journal, 2 (2).
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2).
Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: Identification Of and Reactions To Stressors. Psychological Report, 74, 395-402.
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Indsustrial Enginering & Management Research (JIEMAR), 1(2).
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana , P. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (3), 299-306.
Hastini , L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika, 10 (1).
Kariv, D., & Heiman, T. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students. College Students Journa, 39 (1), 72-89.
Livana, P., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). "Tugas Pembelajaran" Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3 (2), 203-208.
Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93 (3), 134-140.
Neuman. (2007). Basic of social research: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Pearson Education Inc.
Novrianto, R., Marettih, A. K., & Wahyudi, H. (2019, Mei 17). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.6943
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 4 (2).
Sagita, D. D., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan Self-efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 1 (2), 37-72.
Santrock, J. W. (2007). Remaja, jilid 2 edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Shukla, T., Dosaya, D., Nirban , V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors Extraction of Effective Teaching- Learning in Online and Conventional Classrooms. International Journal of Information and Education Technology, vol. 10, No. 6.
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian KonselingDDan Ilmu Keagamaan, 91-95.
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91-95.
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3).
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020 . TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (1), 20-27.
Zajacova, A., Lyinch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, Stres, And Academic Succes In Collage. Research in Higher Education, 46(6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License