Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Authors

  • Soffi Nurhalizza Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tedi Purbangkara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6121

Keywords:

Kreativitas, Model project based learning, Pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kreativitas siswa dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Cilamaya. Penelitian ini berupa penelitian eksperimen untuk mencari apakah berpengaruh model project based learning terhadap kreativitas siswa dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jumlah sampel adalah 36 orang siswa kelas XI MIPA 2 yang diambil dengan teknik purposive sampling dimana kriteria sampel berdasarkan kelas yang bersedia diberi treatment. Data penelitian ini dilakukan dengan one group pretest-posttest design dengan menggunakan angket kreativitas siswa menggunakan skala likert yang disebarkan pada awal dan akhir pertemuan. Hasil penelitian diperoleh melalui uji normalitas data dengan hasil yang menyatakan bahwa data pretest 0,112 > 0,05 dan posttest 0,094 > 0,05 dari hasil penelitian menunjukan data berdistribusi normal serta melalui perhitungan uji homogenitas yang menunjukan nilai sig 0,738 > dari 0,05 bahwa data hasil pretest-posttest menyatakan data berdistribusi homogen dan perhitungan uji-t yang didapatkan nilai Sig. (two-tilled) 0,001 < 0,05 menunjukan adanya perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. didapat simpulan dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dinyatakan adanya pengaruh model project based learning terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Cilamaya.

References

Christian, Y. A. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2271-2278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1207

Ginanjar, Shela, Beltasar Tarigan, Yudy Hendrayana, and Tite Juliantine. 2020. “Enhancing Kinaesthetic Intelligence Using Project-Based Learning Models.” 21 (Icsshpe 2019):75–78. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icsshpe-19/125934793

Gustiawati, R. and R. R. Julianti. 2018. “Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan”. Jurnal Speed (Sport, Physical 2 (November):44–51. https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1731

Harvianto, Yudo. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Porkes 4 (1):1–7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485

Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485

Hudah, M., Widiyatmoko, F. A., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Analisis pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi covid-19 di tinjau dari penggunaan media aplikasi pembelajaran dan usia guru. Jurnal Porkes, 3(2), 93-102. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2904

Indra Kusuma, Angga, Shandy Pieter, Ramadhany Hanato Puriana, I. Gede Dharma Utamayasa, 2022. “Perubahan Pola Hidup Guru Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Porkes 5(1):199–210. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5615

Isnaini, L. M. Y. (2019). Aplikasi Latihan Mental Dalam Pembelajaran Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Porkes, 2(1), 17-25. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i1.1451

Iswanto, Ari and Esti Widayati. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif Dan Berkualitas.” 27(1):13–17. https://doi.org/10.21831/majora.v27i1.34259

Juliati, R. R., Iqbal, R., & Nurwansyah, R. (2019). Hubungan Kepemimpinan dan Kemampuan Melaksanakan Proses Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 2(2), 44-49. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1885

Kemendikbud. 2021. “Dorongan Pemulihan Pembelajaran Di Masa Pandemi Kurikulum Nasional Sikapkan Tiga Opis.”

Larassary, A., & Wulandari, S. (2022). Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 1-10. https://doi.org/1054284/jopi.v2i1.149

Lestari, Ika &. and Linda Zakiah. 2019. Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran.

Purbangkara. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Uwais Inspirasi Indonesia.

Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 480-486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.337

Octavia, Shilphy A. 2020. “Model Pembelajaran.” Pp. 12–16 in Model-model Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Pambudi, Y. T., Widorotama, A., Fahri, A. S., & Farkhan, M. M. (2022). Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(1), 158-167. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5350

Rabudin. 2020. “Ranah/Domain Psikomotorik Dalam Evaluasi Pembelajaran.” Detik Pendidikan.

Rahayu, Ega Trisna. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Saifuddin, Hasan and Bayu Budi Prakoso. 2017. “Pengaruh Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Penjasorkes Terhadap Kreativitas Siswa.” Jurnal Olahraga X(2):112–28.

Schiff, Nancy Trisari. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Gerakan Jurus Prasetya.” Jpoe 2(1):9–22. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.19

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83. Doi. 10.23917/varidika.v30i1.6548

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Porkes, 5(1), 245-259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5493

Yudhi Purnama, Fatkhur Rozi, Usmanto Usmanto. 2022. “Evaluasi Program Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Masa Pandemi Covid-19 Jurnal.” Porkes (Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi) 5(1):333–41. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5936

Published

2022-12-20

How to Cite

Utami, S. N., Gustiawati, R., & Purbangkara, T. (2022). Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(2), 442–450. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6121

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.