Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Berkebutuhan Khusus di TK
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6640Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, kemampuan motorik halus, kolase.Abstract
Di sekolah inklusi TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari belum pernah diadakan pengukuran motorik halus untuk anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu sangat penting untuk dilakukan, karena sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan perhatian dan pelayanan khusus, dan selain itu dari tenaga pendidik khususnya guru penjas adaptif harus mengetahui secara langsung kondisi fisik dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari Kecamatan Laweyan Surakarta. Metode penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi yang digunakan adalah anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari yang berjumlah 10 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari Kecamatan Laweyan Surakarta berada pada kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)” sebesar 0,00% (0 anak), “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)” sebesar 20,00% (2 anak), “Mulai Berkembang (MB)” sebesar 60,00% (6 anak), dan “Belum Berkembang (BB)” sebesar 20,00% (2 anak). Dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari Kecamatan Laweyan Surakarta dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Hal ini dikuatkan dari hasil analisis presentase sebesar 60%, berada pada inteval nilai 51%-75% (Yoni, 2010).
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Ashari, M. A. (2021). Pengembangan Permainan Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Husnul Khotimah Jiken. Jurnal Porkes, 4(2), 134-139. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4850
Astuti, M. D., & Masnina, R. (2018). Hubungan antara Status Gizi dan Perawatan Kesehatan dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia Pra Sekolah di TK ABA 3, 6, 7 & 8 Kota Samarinda. https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/609
Arianti, B. D. D., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., & Suryansah, S. (2021). Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Model Addie. Jurnal Golden Age, 5(2), 425-434. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4590
Budiwanto, S. (2017). Metode statistika untuk mengolah data keolahragaan. Metode Statistika, 1–191.
Baharudin, N. A. (2022). Pengaruh Permainan Lempar Tangkap Bola Kasti Terhadap Perkembangan Motorik Anak Down Syndrome. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(1), 98-108. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/44183
Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagrahita Terhadap Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 2(2). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/440
Hardani, A. H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.
Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagrahita Terhadap Motorik Halus. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 2(2). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/440
Hidahyani, A., & Sujarwanto, S. (2021). Finger painting sebagai teknik pengembangan motorik halus anak cerebral palsy di usia sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36666
Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539
Prihantina, R. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melukis Dengan Alat Bulu Ayam Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Ambar Asri Mejing. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(2), 109-120. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/10502
Putri, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3705
Nopiana, R. (2021). Penerapan Permainan Olahraga Bocce Untuk Meningkatkan Minat Berolahraga Terhadap ABK Tunagrahita Pada SLBN 1 Lombok Timur. Jurnal Segar , 9 (2), 63-68. https://doi.org/10.21009/Segar/0802.01
Ridawati, I. D., Oktaviani, E., Zuraidah, Z., Aprilyadi, N., Feri, J., Eriani, T., ... & Murtilawati, T. (2022). Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Omicron Melalui Bermain Puzzle Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 915-921. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8664
Ramadhani, R. (2013). Metode Sensori Integrasi Bermedia Papan Titian Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/3860
Sugiyono. (2016). metode penelitian (3rd ed.). alfabeta.
Susanto, S. I., & Wijaya, F. J. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Setelah Latihan Gymnastics. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(6), 107-113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/39593
Setiawan, I. (2020). A to Z anak Berkebutuhan Khusus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sudarto, Z., Rofiah, K., Ardianingsih, F., & Sujarwanto, S. (2019). Program Intervensi Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus: Proses Pengembangan Kurikulum. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p1-10
Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pe
ndidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.21009/JSCE.05102
Ubaidillah, K. (2018). Penggunaan Terapi Okupasi untuk Pengembangan Motorik Halus Anak Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(1), 15-32. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2091
Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science And Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052
Yoni, A., Purwanto, H., & Ambarwati, S. K. (2010). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License