Motivasi Mahasiswa Dalam Mengikuti Perkuliahan Semasa Transisi Daring ke Luring
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6793Keywords:
Daring, luring motivasi, perkuliahan, transisi.Abstract
Setiap kegiatan penelitian tentu memiliki maksud dan tujuan, berdasarkan perumusan masalah yang ada maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan semasa transisi daring ke luring berdasarkan mata kuliah teori dan praktik di pendidikan olahraga Universitas Riau. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan olahraga fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Riau angkatan 2020. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 68 orang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan pemberian angket. Dari hasil proses penelitian sampai dengan pengolahan data yang diwali dengan pengambilan data untuk melakukan uji coba instrument penelitian sebanyak 66 Mahasiswa Universitas Riau menyatakan bahwa 58 butir pernyataan tersebut valid yang dinyatakan dengan r hitung > r table (0.239) serta uji reliabilitas dengan nilai cronbach’s alpha 0.741. setelah itu peneliti melakukan uji coba instrument penelitian dengan menyebarkan kuisioner (angket) kepada 68 sampel yaitu Mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Riau angkatan 2020 menghasilkan data yang dijadikan patokan sebagai pembahasan hasil penelitian. motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan semasa transisi daring ke luring berdasarkan mata kuliah teori dan praktik di pendidikan olahraga Universitas Riau dengan persentase 72,09%.
References
Ambarita, J., Jarwati, & Restanti, K. D. (2020). Pembelajaran Luring (Abdul (ed.)). Penerbit Adab. http://www.penerbitadab.id
Anam, K., & Evitamala, L. (2021). Rehabilitas Pasca Covid-19 Dari Segi Fisik. Jurnal Porkes , 4 (2), 76-80. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4151
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian (18th Ed.). Renika Cipta.
Elmeiri, R. Vai, A., Hidayat, H., Rahmatullah, M. I., & Adila, F. (2022). Implementasi Model Teaching Personal And Social Responsibility (Tpsr) Dalam Pembelajaran Pjok Untuk Menciptakan Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik Di Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 9(2), 66-75. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v9i2.573
Fuadi, TM, Musriandi, R., & Suryani, L. (2020). Covid-19: Penerapan pembelajaran berani di perguruan tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan , 4 (2), 193-200. http://103.52.61.43/index.php/dedikasi/article/view/1022
Fadhilah, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi E-Learning IAIN Madura dalam Meningkatkan Efisiensi Belajar Mahasiswa di Masa New Normal. Jurnal Basicedu, 5(6), 6249-6256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1775
Gani, RA, Setiawan, E., Mahardhika, DB, & Syamsudar, B. (2022). Menyelidiki Persepsi Atlet, Peran Orang Tua, dan Pelatih Tentang Tingkat Motivasi Latihan Renang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes , 5 (1), 105-116. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5176
Hombing, S. R. B., Juita, A., & Hidayat, H. (2022) Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Terhadap Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pasir Pengaraian Angkatan 2020. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 269-280. https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/32443
Hudah, M., Widiyatmoko, FA, Pradipta, GD, & Maliki, O. (2020). Analisis pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi covid-19 diulas dari penggunaan media aplikasi pembelajaran dan usia guru. Jurnal Porkes , 3 (2), 93-102. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2904
Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes , 4 (1), 1-7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485
Irwandi. (2019). survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olaharaga di SMA NEGERI 2 Camba Kabupaten Maros. 1(1), 3. http://eprints.unm.ac.id/13595/
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).
Latifah S, L., & Priambodo, A. (2021). Perbandingan Tingkat Motivasi Selama Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Materi Bola Voli Di Smkn 1 Kanor. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 359–364. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Maksum, A. (2009). Kontruksi Nilai Melalui Pendidikan Olahraga Ali Maksum FIK Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXVIII(1), 25–34.
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya , 5 (1), 34-45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64
Nurhayati, F., Wibowo, S., & Febriyanti, I. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes , 5 (1), 79-93. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5313
Nuzularachmania, F., & Indarto, P. (2022). Pengaruh Tabata Workout Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 5(1), 35-44. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5471
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Perguruan Tinggi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 1580).
Purnama, Y., Rozi, F., & Usmanto, U. (2022). Evaluasi Program Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes , 5 (1), 333-341. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5936
Putri, N. S., & Kristiyandaru, A. (2021). Pengaruh Modifikasi Tonnis Terhadap Motivasi Belajar PJOK. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani, 09(01), 128. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38003
Purba, O. Z., Iyakrus, I., Bayu, W. I., & Victorian, A. R. (2022). Survei Motivasi Berolahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Porkes, 5(1), 94-104. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5300
Rahmatullah, M. I. et all. (2022). 5 12345. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 9, 76–81.
Rumpoko, S. S., Jayanti, K. D., Febrianti, R., Hakim, A. R., Sunjoyo, S., & Sistiasih, V. S. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga. Jurnal Porkes, 5(1), 260-271. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5635
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Kedua). ALFABETA.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Masa Transisi Vandemi (Studi Kasus Mahasiswa Stahn Mpu Kuturan Singaraja). PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2). https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/1686
Saputro, AA (2021). Korelasi latihan mandiri selama pandemi Covid 19 dengan kecemasan dan depresi atlit. Jurnal Porkes , 4 (1), 45-49. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3470
Surat Edaran Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nommor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.
Saputro, A. A., Saputra, Y. D., & Prasetyo, G. B. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Jurnal Porkes, 3(2), 81-92. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3470
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).
Uno, B. H. (2019). Teori Motivasi & Pengukuranya (1st ed.). Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License