Rancang Bangun Penerimaan Box Paket Berbasis Internet Of Things (Iot)

Authors

  • Erma Dwi Febriyanti
  • 'Alimuddin 'Alimuddin Universitas Hamzanwadi
  • Hadian Mandala Putra Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Esp32, IoT, Paket, Servo, Telegram, Infrared, Sensor Ultrasonik

Abstract

Seiring dengan meningkatnya pengguna jasa pengiriman, tidak lepas dari masalah yang terjadi dalam proses pengiriman barang. Salah satu permasalahannya adalah dengan tidak adanya penerima paket dirumah. Pada kasus ini biasanya ada beberapa tindakan alternatif seperti paket dititipkan ke tetangga terdekat atau paket bisa diantar pada hari selanjutnya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun penerimaan box paket berbasis Internet of Things yang dapat mengontrol dan mengoptimalkan sistem kerja alat”. Esp 32 sebagai komponen utama yang dapat menghubungkan sistem dengan aplikasi telegram. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode observasi. Sistem ini mampu mengirimkan notifikasi yang akan dikirim ke pengguna melalui aplikasi telegram. Pengguna juga dapat mengontrol perintah yang dikirim dari aplikasi telegram untuk menggerakan motor servo yang menjadi penggerak untuk membuka dan menutup pintu kotak penerima paket agar paket dapat disimpan didalamnya. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diuji, modul Esp32 dapat terkoneksi dengan jaringan internet pada jarak 10 meter sampai 15 meter, dan sensor ultrasonik dapat membaca benda dengan jarak 300 cm, sedangkan motor servo mampu berputar pada 180 derajat kemudian sensor infrared dapat mendeteksi keberadaan barang.

Kata kunci: Esp32, IoT, Paket, Servo, Telegram, Infrared, Ultrasonik.

References

Putri, V. K. "Paket Berbasis IoT Menggunakan Modul ESP32-CAM,” Universitas Negeri Jakarta, 2023.

Fauzan, Yusuf. Kotak Penerima Paket Berbasis IoT Menggunakan Modul Esp32-cam. BS thesis. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

S. Ayu Nur Hidayati Putri, O. Brillian Kharisma, and H. Simaremare, “JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA. Smart Packgaes Box Berbasis Internet of Things Menggunakan Telegram Bot,” 2023, doi: 10.30865/mib. V 7i1.5517.

Fatimah, Afifah. Rancang Bangun Sistem Pemantauan dan Pengamanan Paket Ekspedisi Berbasis Internet of Things (IOT) Terintegrasi Aplikasi Telegram. Diss. Politeknik Negeri Jakarta, 2021.

Azrin, Uzwahnul, Ibnu Ziad, and Suroso, “Rancang Bangun Smart Box Penerima Paket Berbasis IoT Menggunakan Raspberry Pi,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 22, no. 2, pp. 118–125, Aug. 2022, doi: 10.23917/emitor. V 22i2.19405.

Rismayana, Aris Haris, Muhamad Syamsul Mustopa, and Dini Rohmayani. "Rancang Bangun Kotak Penerima Paket Menggunakan Barcode Berbasis Internet of Things (IoT)." Journal of Informatics and Electronics Engineering 2.2 (2022): 35-40.

Jh, Abdur Rauf, and Agung Tri Prastowo. "Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 2.3 (2021): 26-31.

Fauzan, Yusuf. Kotak Penerima Paket Berbasis IoT Menggunakan Modul Esp32-cam. BS thesis. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Meutia, Ernita Dewi. "Internet of things Keamanan dan Privasi." Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro. Vol. 1. No. 1. 2019.

Kristiano, Hebran Calvin. Prototipe Pensortir Paket Berdasarkan Berat, Volume dan Wilayah Tujuan Pada Jasa Pengiriman Berbasis RFID RC522, Arduino Mega 2560 dan Visual Basic. Diss. Universitas Negeri Jakarta, 2019.

Hassan, Zulkurnain. "Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Telegram Bagi Modul Latihan Penyediaan Asas (SPU 1033) di Kolej Komuniti Kota Marudu, Sabah." International Journal of Humanities Technology and Civilization (2021): 23-36.

Puimera, Yan Ilmas, and Danang. "Rancang Bangun Alat Penyortiran Barang Otomatis Berbasis Arduino Pada PT Wahana Prestasi Logistik Semarang." Elkom: Jurnal Elektronika dan Komputer 11.1 (2019): 38-44.

Bhagaskoro, M. Gilang. "Analisis Paket Data dan Perhitungan Kecepatan Object Dengan Menggunakan Modul Nodemcu Esp8266 Dan Sensor Ultrasonic Dengan Localhost." Fakultas Teknik Universitas Lampung (2021).

Putra, Agung Tri, and Risfendra Risfendra. "Penggunaan Aplikasi Ubidots untuk Sistem Kontrol dan Monitoring pada Gudang Gula Berbasis Arduino UNO." JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia 2.1 (2021): 40-48.

Downloads

Published

22-06-2024