Rancang Bangun Sistem Absensi Staf Universitas Hamzanwadi Menggunakan KTPBerbasis Internet Of Things (IoT)

Authors

  • Ahsanul Iman Universitas Hamzanwadi
  • Hadian Mandala Putra Universitas Hamzanwadi
  • M. Nuzuluddin Universitas Hamzanwadi

Keywords:

absensi, iot, node mcu, rfid, ktp

Abstract

Salah satu faktor penting untuk menentukan kedisiplinan seorang staf adalah dengan mencatat kehadiran staf. Sistem absensi yang selama ini digunakan adalah menggunakan mesin. Mesin seperti ini memberikan otomatisasi dan fleksibilitas dalam pencatatan kehadiran karyawan atau staf. Absensi staf menggunakan mesin ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang bisa didapatkan dari sistem absensi ini adalah boros kertas sehingga bisa dikatakan masih secara manual. Teknik manual ini menimbulkan berbagai masalah, misalnya membutuhkan banyak kertas sehingga, arsip absensi dan data bisa jadi rusak karena sobek dan berbagai kondisi lainnya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem absensi staf menggunakan KTP berbasis internet of things (iot) untuk meminimalisir pemborosan kertas. Alat ini dirancang dengan memadukan kerja NodeMCU ESP8266 dengan Radio Frequency Identification (RFID) kedalam sebuah sistem absensi. Data berupa nomor id KTP dimanfaatkan sebagai data nomor kartu staf. Saat kartu staf yang berupa KTP ditempelkan pada Radio Frequency Identification (RFID), datanya secara otomatis masuk kedalam database kehadiran. Led akan menyala apabila data staf sesuai, sebaliknya led tidak menyala apabila data staf tidak sesuai. Radio Frequency Identification (RFID) dapat membaca kartu KTP dengan baik pada jarak maksimum 3 cm. Data kehadiran dapat dicatat dengan baik dalam database yang dibuat dengan menggunakan web.

References

M. Danuri, M. Informatika, J. Teknologi, dan C. Semarang, “PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL,” Jurnal INFOKAM, vol. 15, no. 2, hlm. 116-123, Sep 2019.

C.A. Cholik, “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI

/ ICT DALAM BERBAGAI BIDANG,” Jurnal Fakultas Teknik, vol. 2, no. 2, hlm. 2746–1209, Mei 2021.

Achmad Yani; Susy Rosyida, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN PADA CV. BINTANG BANGUN PERSADA BEKASI,” Jurnal KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. 10, no. 1, hlm. 1–7, Jun 2022.

A. Sofyan, A. O. Sari, dan E. Zuraidah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Absensi Karyawan Berbasis Website,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 4, no. 2, hlm. 301-311, Jul 2021.

B. A. Candra Permana, M. Djamaluddin, dan S. W. Saputra, “Penerapan Sistem Absensi Siswa Menggunakan Teknologi Internet of Things,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 6, no. 1, hlm. 170–176, Jan 2023.

I. Gunawan, M. Sadali, S. Suhartini, dan I. Fathurrahman, “PERANCANGAN ALAT DAN SISTEM PEMANTAUAN PENDAKI GUNUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT),” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 2, hlm. 239-246, Des 2022.

A. H., S. B. Muh. Firmansyah Firdaus1, “Rancang Bangun Absensi Siswa Menggunakan RFID Berbasis Arduino Uno,” Jurnal Nasional cosPhi, vol. 5, no. 1, hlm. 1-6, Des 2021.

M. Artiyasa dkk., “APLIKASI SMART HOME NODE MCU IOT UNTUK BLYNK,”Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, vol. 7, no. 1, hlm. 1–7, Sep 2020.

H. L. W. Vaizal Pradana1, “Rancang Bangun Smart Locker Menggunakan Rfid Berbasis Arduino Uno,” Jurnal EL Sains, vol. 2, no. 1, hlm. 2527–6336, Jul 2020.

M. Natsir, D. Bayu Rendra, dan A. Derby Yudha Anggara, “IMPLEMENTASI IOT UNTUK SISTEM KENDALI AC OTOMATIS PADA RUANG KELAS DI UNIVERSITAS SERANG RAYA,” Jurnal PROSISKO, vol. 6, no. 1, hlm. 69-72, Mar 2019.

P. Adi Nugraha, E. Rosdiana, A. Qurthobi, dan T. Fisika, “ANALISIS PENGARUH INTENSITAS DAN POLA PENCAHAYAAN LED (Light Emitting Diode) BERWARNA PUTIH PADA PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCHOI (Brassica rapa L) DI DALAM RUANG ANALYSIS OF THE EFFECT OF INTENSITY AND PATTERN LIGHTING LED (Light Emitting Diode) WHITE COLOR IN GROWTH PAKCHOI PLANTS (Brassica rapa L) IN THE ROOM,”

Jurnal eProceedings of Engineering, vol. 7, no. 1, hlm. 1155-1162, Apr 2020.

I. Widiastuti, “Kebijakan Pelayanan E-KTP Di Kota Bandung,” Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, vol. 3, no. 1, hlm. 16-25, Okt 2018.

B. Itsnania dan I. N. Suputra, “Mobile learning application berbasis sublime text pada mata pelajaran kearsipan,” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, vol. 1, no. 9, hlm. 914–921, Sep 2021.

T. U. D., I. H. G. M. Rianto Sitanggang1, “RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN TANAMAN HIAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL,” Jurnal TEKENSOS, vol. 4, no. 1, hlm. 84-90, Mei 2022.

Downloads

Published

22-06-2024