Game Pesawat Untuk Melatih Ketangkasan Anak Menggunakan Unity

Authors

  • Muhammad Muhsan Akbar Universitas Hamzanwadi
  • Imam Fathurrahman Universitas Hamzanwadi
  • Mahpuz Mahpuz Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Airplane game, children's dexterity, unity.

Abstract

Game pesawat untuk melatih ketangkasan anak adalah sebuah permainan interaktif yang dibangun menggunakan platform Unity dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan, dan responsifitas anak-anak. Dalam Game ini, pemain mengendalikan sebuah pesawat kecil yang harus melewati berbagai rintangan, menghindari musuh, menembak musuh, dan menyelesaikan berbagai tantangan yang menantang. Konsep dasar dari Game ini memungkinkan anak-anak untuk belajar dan meningkatkan keterampilan motorik halus mereka melalui pengalaman bermain yang menyenangkan dan interaktif. Dengan menggunakan kontrol sederhana, seperti tombol arah atau layar sentuh, pemain dapat mengendalikan pesawat dan menavigasinya melalui lingkungan permainan yang beragam. Game ini dirancang dengan berbagai tingkat kesulitan yang bertahap, dimana setiap tingkat menawarkan tantangan yang semakin menambah tingkat kesulitannya. Pemain dihadapkan pada berbagai rintangan seperti rintangan bergerak, tembakan musuh, dan tugas-tugas lainnya yang menguji keterampilan ketangkasan mereka. Selain itu, Game ini juga menyediakan umpan balik visual dan audio yang memotivasi pemain untuk terus mencoba dan meningkatkan kinerja mereka. Pencapaian pemain direkam dan dapat dilihat melalui sistem peringkat atau pencapaian dalam Game. Dengan demikian, Game pesawat melatih ketangkasan anak menggunakan Unity tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus dan koordinasi anak-anak secara interaktif dan bermanfaat.

References

M. D. S. Wahyuningrum and S. Watini, “Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 5384–5396, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.3038.

A. S. Suwita, R. Oktarina, U. Bina, B. Getsempena, and K. Baju, “Jurnal Ilmiah Mahasiswa UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK,” vol. 2, no. 1, 2021.

R. M. M. Prasetyo, H. Syaputra, W. Cholil, and S. Sauda, “Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle,” J. Nas. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 103–111, 2021, doi: 10.47747/jurnalnik.v2i2.526.

E. A. Dharmawan and J. R. M. Roos, “Rancang Bangun Aplikasi Video Game First Person Shooter Menggunakan Engine Unity,” J. Simetrik, vol. 13, no. 1, pp. 661–668, 2023, doi: 10.31959/js.v13i1.1506.

M. . Syadam Arie Suyuti, Ika Ratna I.A, S.kom, “PerkembanganTeknologi Informasi sangat berperan penting bagi kehidupan manusia . dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi manusia dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan manusia dapat dengan mudah melakukan kegiatan sehari-hari dengan bantuan t,” no. 111080200006.

M. T. Arifin, “Mengendalikan Pesawat Luar Angkasa Dalam Game Marbel Magic Space.”

L. Rahmadi and M. Triawan, “The Game ‘Quiz Besemah’ Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Budaya Kota Pagar Alam,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 4, pp. 673–685, 2021, doi: 10.51519/journalisi.v3i4.200.

I. F. Anshori, S. Ayuni Kaffah, N. Supa, and R. Rizal Setiawan Mail, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Menggunakan Construct 2,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 275–286, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i2.5803.

M. I. Annas, J. Kuswanto, arvin C. Frobenius, and W. Y. Untoro, “Game Mengenal Pahlawan Nasional Menggunakan Construct 2 Berbasis Android untuk Sekolah Dasar Kelas IV,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 30–39, 2023, doi: 10.29408/jit.v6i1.7257.

M. A. Ghani, A. B. Pohan, D. Gunawan, and Y. Saputra, “Penerapan Game Edukasi 3D Endless Runner Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 288–298, 2024, doi: 10.29408/jit.v7i1.24194.

A. S. R. Rahmatullah and W. Diana, “Positif Negatif Game Online pada Anak-anak dan Tindakan Pencegahannya,” TRIDARMA Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 164–179, 2022, doi: 10.35335/abdimas.v5i1.2274.

V. Kuts, A. Rassõlkin, A. Partyshev, S. Jegorov, and V. Rjabtšikov, “ROS middle-layer integration to Unity3D as an interface option for propulsion drive simulations of autonomous vehicles,” Proc. Int. Conf. DAAAM Balt. , vol. 2021-April, 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1140/1/012008.

Downloads

Published

30-12-2024