Pengembangan Media Video Cerita Kartun Animasi 3D Menggunakan Artificial Intelligence (AI) dengan Tema Mitigasi Gempa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/jprinter.v3i1.30918

Keywords:

Animasi Kartun 3D, Artificial Intellegence, Mitigasi Gempa Bumi, Media Pembelajaran, Video Animasi.

Abstract

Penelitian pengembangan penggunaan Media Video Cerita Kartun Animasi 3D menggunakan Artificial Intelligence (AI) dengan Tema Mitigasi Gempa Bumi telah di lalukan bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi dalam penyampaian pesan, informasi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman serta keterlibatan penonton terhadap upaya mitigasi gempa bumi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Data penelitian ini bersumber dari data 30 siswa dan siswi serta 2 orang guru di Sekolah Dasar Negeri 1 Gelora kecamatan Sikur. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian dan verifikasi. Pengambilan data di lakukan berulang sebanyak 2 kali dengan memberikan angket pertanyaan berupa pretest dan posttest responden sebelum dan sesudah menonton video animasi yang telah disiapkan sebelumnya dengan memberikan 10 pertanyaan di setiap sesi angket. Hasil penelitian membuktikan pada sesi pertama persentase jawaban responden sebesar 35% dan sesi kedua sebesar 90% dari rata-rata keseluruhan jawaban responden. simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Pemanfaatan Media Video Cerita Kartun Animasi 3D dengan pengembangan Artificial Intelligence (AI) terbukti berpegaruh besar dapat meningkatan efektivitas dan efisiensi penyampaian informasi, edukasi terhadap anak-anak sekolah dasar.

References

[1] S. Mahmudah and F. Fauzia, “Penerapan Model Simulasi Tentang Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 633–645, Jan. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1974.

[2] M. D. H. Rahiem and F. Widiastuti, “Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 36, Apr. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.519.

[3] H. B. Mahpuz, “Visualization Of The Traditional House Architecture Of Belek Sembalun Lawang Village By Using 3D Animation Visualization Of The Traditional House Architecture Of Belek Sembalun Lawang Village By Using 3D Animation,” Conf. Ser., vol. 1539, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1539/1/012021.

[4] A. Ismail, I. C. Sayekti, S. A. Susilawati, and D. A. Pramudita, “Analysis of needs for development of earthquake disaster mitigation animation videos for disabilities elementary school children,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 114–121, Jun. 2023, doi: 10.21831/jitp.v10i2.51885.

[5] Y. K. Putra, M. Sadali, and I. Hadi, “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Flash Pada Siswa Kelas 1 MI NW Liqaul Amal,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 163–173, Jul. 2021, doi: 10.29408/jit.v4i2.3564.

[6] A. R. Pangestu, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop Motion Pada Mata Pelajaran Geografi,” Geodika J. Kaji. Ilmu dan Pendidik. Geogr., vol. 5, no. 2, pp. 216–225, Dec. 2021, doi: 10.29408/geodika.v5i2.3807.

[7] H. Bahtiar, H. Muallifatunnafiah, and N. Nurhidayati, “Pemanfaatan Software Artificial Intelligence Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Dan Membaca Bahasa Aksara Sasak Berbasis Mobile,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 227–235, 2024, doi: 10.29408/jit.v7i1.24237.

[8] T. F. Ningsih, H. Bahtiar, and Y. K. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Materi Klasifikasi Hewan Vertebrata Mata Pelajaran Biologi Kelas VII SMP,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 30–41, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i1.4388.

[9] A. Sudianto et al., “Pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif Sistem Informasi Geografis mata pelajaran Pemrograman Web,” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 2, pp. 170–177, Dec. 2021, doi: 10.29408/ab.v2i2.4029.

[10] B. A. C. Permana, H. Bahtiar, A. E. Sutriandi, M. Djamaluddin, and S. Suhartini, “Pelatihan pemanfaatan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru di Kecamatan Sembalun,” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 2, pp. 230–238, 2021, doi: 10.29408/ab.v2i2.4210.

[11] M. Masroni, Andrik Hermanto, and Hillary Elsafitra, “The Effect of Earthquake Simulation Animation Videos on The Knowledge And Skills of Earthquake Disaster Preparedness in The 5th-Grade Elementary School Klatak Banyuwangi 2023,” Prof. Heal. J., vol. 6, no. 1, pp. 273–280, Jul. 2024, doi: 10.54832/phj.v6i1.786.

[12] S. L. Zahara, Z. U. Azkia, and M. M. Chusni, “Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan.,” J. Penelit. Sains dan Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 15–20, Apr. 2023, doi: 10.23971/jpsp.v3i1.4022.

[13] D. Azizah, A. Wibawa, and L. Budiarto, “Hakikat Epistemologi Artificial Intelligence,” J. Inov. Teknol. dan Edukasi Tek., vol. 1, no. 8, pp. 592–598, Aug. 2021, doi: 10.17977/um068v1i82021p592-598.

[14] Y. Zhang, J. F. Fung, K. J. Johnson, and S. Sattar, “Review of Seismic Risk Mitigation Policies in Earthquake-Prone Countries: Lessons for Earthquake Resilience in the United States,” J. Earthq. Eng., vol. 26, no. 12, pp. 6208–6235, Sep. 2022, doi: 10.1080/13632469.2021.1911889.

[15] O. O. Wijaya and Rushendra, “Analysis of Sulawesi Earthquake Data from 2019 to 2023 using DBSCAN Clustering,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 454–465, Aug. 2024, doi: 10.29207/resti.v8i4.5819.

[16] M. Saiful et al., “Pengabdian Masyarakat : Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Guru dan Siswa di MA NW Tembeng Putik,” vol. 1, no. 1, pp. 22–29, 2023.

[17] H.Bahtiar;Muhammad Djamaludin; M Rizal Supriandi, “Pengenalan Arsitektur Rumah Tradisional Desa Belek Sembalun Lawang Lombok Dengan Menggunakan Animasi 3d Menggunakan Blender Sebagai Media Pembelajaran,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 1, 2020.

Downloads

Published

30-06-2025