Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penjualan ChicKen Menggunakan Algoritma Apriori
DOI:
https://doi.org/10.29408/jprinter.v3i1.30976Keywords:
algoritma apriori, chicken, taiwan street foodAbstract
Dunia bisnis telah mengalami perubahan besar karena kemajuan teknologi informasi yang pesat, terutama dalam pengolahan dan analisis data. Data mining adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat. Penerapan data mining sangat penting untuk memahami perilaku, dan pola pembelian serta minat belanja konsumen lebih baik,dengan lebih cermat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan strategi penjualan dan pemasaran. ChicKen adalah ayam potong Taiwan yang ada di Indonesia. Makanan ini berbasis Taiwan Street Food yang menawarkan menu daging ayam di iris tipis dengan dibalut tepung, kemudian digoreng dan disajikan dengan cara dipotong, dan diberi bumbu tabur / saus. Sebagai bisnis yang bergerak di bidang kuliner, ChicKen menghadapi tantangan untuk memahami preferensi dan kebiasaan konsumsi pelanggannya, ditambah ChicKen menghadapi persaingan kuliner yang semakin ketat pada saat ini. Maka persaingan yang ketat itulah yang membuat owner ChicKen berinovasi terhadap Outlet ChicKen tersebut. Dalam hal ini penulis pemrosesan data mining menggunakan Algoritma Apriori. Algoritma ini biasanya digunakan untuk mengetahui hubungan atau asosiasi antara satu item dengan item yang lain dalam suatu dataset. Dengan menggunakan algoritma ini akan dilakukan analisis untuk memperoleh informasi terhadap data penjualan minat beli costumer ChicKen, Setelah uji coba penelitian yang dilakukan terhadap sampel data penjualan dalam beberapa bulan yaitu dari bulan Mei – Agustus tersebut dapat diperoleh hasil dari pengolahan data yaitu dengan nilai confidence tertinggi sebanyak 92% dari hasil kombinasi 3 itemset, dengan itemset antara lain Ekstra Hot – Barbeque Bubuk – Balado, dan Sapi Panggang – Barbeque Bubuk – Balado. Sedangkan nilai confidence dari kombinasi 2 itemset dengan nilai tertinggi sebanyak 89% dengan itemset yaitu Barbeque Bubuk – Balado.
References
[1] P. F. Longgana, I. Irvan, and A. H. Wilarto, “Penentuan Minat Konsumen Terhadap Produk Menggunakan Algoritma Apriori Pada Pt.Telkom Indonesia,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 340, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1977.
[2] A. Sandi, I. H. Santi, F. Febrinita, F. T. Informasi, U. I. Balitar, and D. Mining, “Berdasarkan Minat Beli,” vol. 6, no. 2, pp. 823–828, 2022.
[3] F. M. Raihan and Y. Miftahuddin, “Penerapan Algoritma Aprioti Pada Riwayat Data Kecelakaan Lalu Lintas,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i1.4402.
[4] F. O. Dayera, Musa Bundaris Palungan, “G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 186–195, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech/article/view/1823/1229
[5] V. O. B. Bryan and K. H. Handoko, “Implementasi Data Mining Minat Customer Toko Durian Kimhui Dengan Algoritma Apriori,” Comput. Sci. Ind. Eng., vol. 9, no. 1, 2023, doi: 10.33884/comasiejournal.v9i1.7569.
[6] A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
[7] I. G. I. Sudipa, I. G. M. Darmawiguna, I. M. Dendi, and M. Sanjaya, Buku ajar data mining (Issue January), no. January. 2024.
[8] C. Zai, “Implementasi Data Mining Sebagai Pengolahan Data,” J. Portal Data, vol. 2, no. 3, pp. 1–12, 2022, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/107
[9] O. Di Puskesmas Kerongkong Kecamatan Suralaga Diana Hidayati and M. Adrian Juniarta Hidayat, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan,” Nopember, vol. 1, no. 2, 2023.
[10] A. Junaidi, A. Rahman, and Y. Yunita, “Prediksi Persediaan Bahan Baku untuk Produksi Percetakan Menggunakan Metode Asosiasi,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, pp. 63–69, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.9597.
[11] N. Fadilah, “Pengertian , Konsep , dan Strategi Pemasaran Syari ’ ah,” vol. 1, no. 2, 2020.
[12] O. Wijaya, “Strategi Customer Relationship Marketing,” Lakeisha, p. 138, 2021.
[13] D. Hadion Wijoyo, Pengantar Studi Kelayakan Bisnis. 2021.
[14] S. Suhartini, L. Kerta Wijaya, and N. Arini Pratiwi, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pendataan Obat Berdasarkan Laporan Bulanan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 147–156, 2020, doi: 10.29408/jit.v3i2.2315.
[15] R. C. Prihandari, “Data Mining: Konsep Dan Apikasi Menggunakan Rapidminer (Series: Supervised Learning Dan Unsupervised Learning),” p. 8, 2022, [Online]. Available: http://repository.uin-suska.ac.id/63073/1/REGITA CAHYANI PRIHANDARI.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PRINTER: Jurnal Pengembangan Rekayasa Informatika dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.