Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Muh. Adrian Juniarta Hidayat Universitas Hamzanwadi
  • Yupi Kuspandi Putra
  • Fathurrahman
  • Rizki Wulan Purnama

DOI:

https://doi.org/10.29408/jprinter.v3i1.31065

Keywords:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, Sistem Tata Surya

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi banyak bidang dalam kehidupan, salah satunya yakni bidang pendidikan. Teknologi banyak diadopsi untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Namun penggunaan teknologi tidaklah dapat dinikmati oleh semua instansi pendidikan, salah satunya yakni SDN 1 Senanggalih. SDN 1 Senanggalih masih menghadapi kurangnya alat peraga dalam proses belajar mengajar yang menyebabkan peserta didik menjadi kurang antusias dan kurang dapat memahami materi pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan untuk membuat sebuah media pembelajaran interaktif dengen menggunakan teknologi Augmented Reality pada pembelajaran sistem tata surya. Teknologi Augmented Reality merupakan  penggabungan antara dunia nyata dengan dunia digital untuk menciptakan multimedia yang menarik. Dengan bantuan media pembelajaran yang berbasis teknologi, proses penyampaian materi menjadi lebih mudah dan menarik. Penelitian ini mengusulkan untuk merancang media pembelajaran berbasis Augmented Reality bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada SDN 1 Senanggalih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minat belajar siswa. Merancang media pembelajaran berbasis Augmented Reality dipilih karena dapat menghadirkan visualisasi yang lebih menarik dan interaktif untuk siswa. Hasil dari penelitian menunjukan media pembelajaran  berbasis Augmented Reality mendapatkan respon yang positif dari siswa maupun guru. Media pembelajaran ini dinilai mampu menyajikan materi secara menarik dan interaktif, sehingga siswa mampu memahami materi pembelajaran lebih baik. Hasil pengujian melaui kuisioner dengan melihat tingkat kepuasan guru dan siswa terhadap media pembelajaran yang di hasilkan yakni mencapai  90.4%. Hasil ini dapat mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang diusulkan dapat meningkatkan minat belajar siswa menjadi lebih baik.

References

[1] P. Dheni Purnasari and A. INFO Kata Kunci, “PEMANFATAAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ERA DIGITAL,” Journal of Educational Learning and Innovation, vol. 2, no. 2, p. 227, 2022, doi: 10.46229/elia.v2i2.

[2] Alisia Zahroatul Baroroh, Diyah Andini Kusumastuti, and Rahmat Kamal, “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran,” Perspektif : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, vol. 2, no. 4, pp. 269–286, Dec. 2024, doi: 10.59059/perspektif.v2i4.1952.

[3] Y. K. Putra, Muh. Adrian Juniarta Hidayat, Fathurrahman, Almi Yulistia Alwanda, and Ahmad Firdaus, “Pengembangan Media Pembelajaran Ke NWDI-An Berbasis Mobile,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 8, no. 1, pp. 288–297, Jan. 2025, doi: 10.29408/jit.v8i1.28462.

[4] B. D. D. Arianti, M. Djamaluddin, and H. Sabila, “Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 6, no. 2, pp. 478–490, Jul. 2023, doi: 10.29408/jit.v6i2.18812.

[5] M. T. Ifannur and A. P. Wibowo, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Aplikasi Pengukuran Panjang Suatu Objek,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 63–73, Jan. 2024, doi: 10.29408/jit.v7i1.23908.

[6] B. D. Yulianto, R. Dijaya, and M. A. Rosid, “Aplikasi Media Pembelajaran IPA Untuk MI Berbasis Augmented Reality,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 6, no. 2, pp. 278–287, Jul. 2023, doi: 10.29408/jit.v6i2.12496.

[7] S. Susilaningsih, A. M. I. Fichan, H. Praherdhiono, and Y. Prihatmoko, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Mata Pelajaran IPA Sistem Tata Surya,” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 4, p. 252, Dec. 2023, doi: 10.17977/um038v6i42023p252.

[8] D. Tresnawati, S. Rahayu, and K. Yusuf, “Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.itg.ac.id/

[9] Muhammad Muhsan Akbar, Imam Fathurrahman, and M. Mahpuz, “Game Pesawat Untuk Melatih Ketangkasan Anak Menggunakan Unity,” Jurnal PRINTER: Jurnal Pengembangan Rekayasa Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 107–118, Dec. 2024, doi: 10.29408/jprinter.v2i2.27699.

[10] S. Utomo, S. Budiarto, S. Ibnu, and W. Ilhamdi, “Bulletin of Information Technology (BIT) Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA Siswa SMP,” vol. 4, no. 4, pp. 419–424, 2023, doi: 10.47065/bit.v3i1.

[11] E. Hutabri, “VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL,” 2022.

Downloads

Published

30-06-2025