Perancangan Aplikasi E-learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Informatika Universitas Hamzanwadi
DOI:
https://doi.org/10.29408/jprinter.v3i1.31094Keywords:
e-learning, pembelajaran mandiri, addie, informatika, web based learningAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong transformasi sistem pembelajaran ke arah digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi e-learning berbasis web guna meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Hamzanwadi, khususnya dalam pemahaman konsep dasar pemrograman. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan sistem ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Sistem yang dibangun memiliki dua antarmuka, yaitu untuk tutor dan siswa, dengan fitur-fitur seperti manajemen materi, kuis, serta akses belajar mandiri. Pengujian menggunakan metode blackbox menunjukkan bahwa 88% fitur berjalan sesuai fungsinya, meskipun beberapa fitur seperti penambahan materi dan kuis oleh tutor masih perlu ditingkatkan. Hasil uji implementasi juga menunjukkan bahwa siswa merasa terbantu dengan keberadaan sistem ini dalam mengakses dan memahami materi secara fleksibel. Dengan demikian, aplikasi e-learning yang dikembangkan telah memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran mandiri siswa dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan digital di perguruan tinggi.
References
[1] A. Suryadi, M. Vivi, Putri, Afrina, and A. Lucky, “PROGRAM PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU,” Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2023, doi: 10.36352/j-pis.v2i2.580.
[2] A. S. Al-Adwan, M. Nofal, H. Akram, N. A. Albelbisi, and M. Al-Okaily, “Towards a Sustainable Adoption of E-Learning Systems: The Role of Self-Directed Learning.,” Journal of Information Technology Education: Research, vol. 21, 2022.
[3] Mustaidah and B. T. T. A. Nugroho, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI CANDIREJO,” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 2019, doi: 10.31942/PGRS.V7I1.2722.
[4] K. Y. Chau, K. M. Y. Law, and Y. M. Tang, “Impact of Self-Directed Learning and Educational Technology Readiness on Synchronous E-Learning,” Journal of Organizational and End User Computing, vol. 33, no. 6, pp. 1–20, Aug. 2021, doi: 10.4018/JOEUC.20211101.oa26.
[5] M. Maspaeni, “Penerapan Quality Control Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui e-Learning,” vol. 6, pp. 1419–1426, 2017.
[6] G. A. Sugalang, S. Ln, R. S. Ahmadi, and F. Febrian, “MODEL STRATEGI E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI MASA WABAH COVID-19,” J Electron Imaging, vol. 14, pp. 120–128, 2020, doi: 10.36787/jei.v14i2.266.
[7] M. Eroglu and R. Ozbek, “The Investigation of the Relationship Between Attitudes Towards E-Learning and Self-Directed Learning with Technology of Secondary School Students,” International Online Journal of Educational Sciences, vol. 10, no. 5, 2018, doi: 10.15345/iojes.2018.05.019.
[8] C. Titiek Murniati, H. Hartono, and A. Cahyo Nugroho, “Self-directed Learning, Self-efficacy, and Technology Readiness in E-learning Among University Students,” KnE Social Sciences, Sep. 2022, doi: 10.18502/kss.v7i14.11970.
[9] B. P. Etemi, H. Uzunboylu, S. Latifi, and U. Abdigapbarova, “The Effect of the Flipped Learning Approach on Engineering Students’ Technology Acceptance and Self-Directed Learning Perception,” Sustainability, vol. 16, no. 2, p. 774, 2024.
[10] V. Curran et al., “Adult learners’ perceptions of self-directed learning and digital technology usage in continuing professional education: An update for the digital age,” Journal of Adult and Continuing Education, vol. 25, no. 1, pp. 74–93, 2019.
[11] D. Van Heerden and L. Goosen, “Assessments used in an open distance e-learning environment to promote self-directed learning,” in Proceedings of the 18th European Conference on e-Learning, 2019, pp. 593–602.
[12] T. Hidayat, “Penerapan dan Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif dengan Media Web E-learning untuk Mata Pelajaran Produktif di SMK Bina Nusantara Ungaran Tahun 2014,” 2014.
[13] S. Subekti, R. Patriasih, A. Ana, and A. Maosul, “Self-directed learning analysis: A response of students using e-learning (SPOT-UPI),” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, p. 77063.
[14] N. Ismail and M. K. A. Khalid, “The relationship between understanding of e-learning with self-directed learning among students,” Jurnal Intelek, vol. 15, no. 2, pp. 12–22, 2020.
[15] Y. Inoue, “Linking self-directed lifelong learning and e-learning: Priorities for institutions of higher education,” in Institutional transformation through best practices in virtual campus development: Advancing e-learning policies, IGI Global, 2009, pp. 22–37.
[16] I. Ishaq, “DESAIN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER,” 2017, doi: 10.26618/jpf.v1i1.191.
[17] I. Fathurrahman and M. Saiful, “Implementasi Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Android Pada Desa Darmasari Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur,” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 2, no. 2, pp. 135–142, Aug. 2019, doi: 10.29408/jit.v2i2.1459.
[18] A. Muliawan Nur and I. Fathurahman, “Apliksi Pengolahan Data Pelayanan Kesehatan Masyarakat Berbasis Web Pada Kelurahan Kembang Sari,” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 157–164, Aug. 2020, doi: 10.29408/jit.v3i2.2319.
[19] I. Fathurrahman and L. M. Samsu, “Pendataan Mitra Produk Herbal CV. Rinjani Tirta Lombok Timur Berbasis Geographic Information System (GIS),” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 70–78, Jan. 2021, doi: 10.29408/jit.v4i1.2995.
[20] I. Fathurrahman and L. M. Samsu, “Pendataan Mitra Produk Herbal CV. Rinjani Tirta Lombok Timur Berbasis Geographic Information System (GIS),” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 70–78, 2021, doi: 10.29408/jit.v4i1.2995.
[21] I. Fathurrahman, M. Saiful, L. M. Samsu, and N. Nurhidayati, “Sistem Informasi Berbasis WEB Pada Alumni Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Narmada,” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 402–413, Jul. 2022, doi: 10.29408/jit.v5i2.5935.
[22] B. A. I. Wardaningsih, A. Muliawan Nur, and I. Fathurrahman, “Aplikasi Penyedia Lowongan Kerja Di Wilayah NTB Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel Dan Mysql,” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 93–98, Jan. 2022, doi: 10.29408/jit.v5i1.4417.
[23] I. Fathurrahman, M. F. Wajdi, H. Mandala Putra, and B. V. Widarina, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sebaran Data Covid-19 Pada Puskesmas Kerongkong Kabupaten Lombok Timur Berbasis Web,” Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 42–52, Jan. 2022, doi: 10.29408/jit.v5i1.4392.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PRINTER: Jurnal Pengembangan Rekayasa Informatika dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.