Penerapan Algoritma K-Means untuk Mengelompokkan Perilaku Konsumen dalam Berbelanja (Studi Kasus : Platform Lazada)
DOI:
https://doi.org/10.29408/jprinter.v3i2.33140Keywords:
Data Mining, K-Means, Perilaku Konsumen, LazadaAbstract
Pemahaman terhadap perilaku konsumen menjadi aspek penting karena dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis, khususnya dalam hal pengadaan barang dagang, strategi pemasaran, promosi, dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Means dalam menganalisis pola perilaku konsumen pada platform Lazada. Data yang terkumpul diproses melalui tahap pra-pemrosesan yang meliputi pembersihan, transformasi, dan normalisasi untuk memastikan kualitas data. Proses analisis kemudian dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma K-Means pada data yang telah siap diolah. Hasil dari pengelompokan ini, menunjukkan bahwa perilaku konsumen dapat dibagi menjadi tiga klaster, yaitu klaster pertama dengan jumlah 166 responden, klaster kedua dengan jumlah 174 responden, dan klaster ketiga dengan jumlah 160 responden. Setiap klaster mencerminkan perbedaan perilaku konsumen yang didasarkan pada kualitas produk, harga, promosi, layanan pelanggan, kecepatan pengiriman, serta metode pembayaran yang digunakan.
References
[1] B. Apriyanto And S. L. M. Sitio, “Penerapan K-Means Dalam Menganalisis Pola Pembelian Pelanggan Pada Data Transaksi E-Commerce,” Bit-Tech, Vol. 7, No. 3, Pp. 790–797, 2025, Doi: 10.32877/Bt.V7i3.2195.
[2] B. T. A. S. Ryanto And L. H. Tampubolon, “Pengaruh Promosi Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Lazada Pada Pengguna Sosial Media Di Wilayah Dki Jakarta,” J. Transaksi, Vol. 16, No. 1, Pp. 53–66, 2024.
[3] R. Between, S. J. Impact, T. Related, E. Indexes, And Z. Lian-Feng, “邱殿明 1 , 张连峰 2 ( 1.,” Vol. 4, No. 1, Pp. 189–199, 2020.
[4] A. Muliawan Nur, M. Saiful2, H. Bahtiar, And Muhammad Taufik Hidayat, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Dalam Mengelompokkan Smartphone Yang Rekomendasi Berdasarkan Spesifikasi,” Infotek J. Inform. Dan Teknol., Vol. 7, No. 2, Pp. 478–488, 2024, Doi: 10.29408/Jit.V7i2.26283.
[5] Vizsgálatok, “済無no Title No Title No Title,” Vol. 7, No. 1, Pp. 1–23, 2016.
[6] A. Hidayat And A. M. Nur, “Implementasi Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Peserta Keluarga Berencana Berdasarkan Tingkat Risiko Kehamilan Di Desa Pringgasela Selatan,” Vol. 1, No. 2, Pp. 154–166, 2023.
[7] V. No, A. M. Nur, H. Bahtiar, M. A. Jannah, And V. No, “Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dalam Mengelompokkan Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Dengan Optimasi Elbow,” Infotek J. Inform. Dan Teknol., Vol. 8, No. 1, 2025.
[8] M. Sirotjudin And Meliza, “Journal Of Accounting And Management ’ S Student ( Jam ’ S ),” J. Account. Manag. Student, Vol. 1, Pp. 1–9, 2023.
[9] V. No, Z. Amri, M. Rodi, M. N. Wathani, A. Bagja, And V. No, “Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi Prediksi Diabetes Menggunakan Algoritma K-Nearest ( Knn ) Teknik Smote-Enn Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi,” Vol. 8, No. 1, Pp. 193–204, 2025.
[10] F. Nuraeni, M. Hasby, And M. Firdaus, “Model Klasterisasi Data Pertanian Menggunakan Algoritma K-Means,” Pp. 890–898, 2025, Doi: 10.33364/Algoritma/V.22-2.2054.
[11] B. Com, M. Rafi, And H. Arsyad, “Klusterisasi Data Review Pengguna Aplikasi Marketplace,” Vol. 09, Pp. 1–10, 2024.
[12] M. Arifin, F. Helmi, And Iddrus, “Analisis Perbandingan Algoritma Asosiasi Data Mining Pada Minimarket Adi Poday Dengan Google Collab,” J. Algoritm., Vol. 22, No. 1, Pp. 103–114, 2025, Doi: 10.33364/Algoritma/V.22-1.2177.
[13] A. A. Kari And V. Sofica, “Analisis Pelanggan Potensial Dengan Algoritma K-Means Untuk Meningkatkan Jumlah Paket Pada Pt Cipta Teknindo Rekatama,” Informatics Educ. Prof. J. Informatics, Vol. 9, No. 2, P. 135, 2024, Doi: 10.51211/Itbi.V9i2.3037.
[14] I. D. A. I. Saraswati, I. M. A. O. Gunawan, And I. M. A. W. Putra, “Analisis Keranjang Belanja Pada Data Ritel Non-Toko Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 13, no. 3, pp. 1692–1704, 2024, doi: 10.35889/jutisi.v13i3.2238.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PRINTER: Jurnal Pengembangan Rekayasa Informatika dan Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


