Pengembangan Modul Keterampilan Menulis Berbasis Kesulitan Analitik

Authors

  • Muzanni Muzanni Universitas Hamzanwadi
  • Khirjan Nahdi
  • Mohzana Mohzana

Keywords:

Pengembangan Modul, Keterampilan Menulis, Kesulitan Analitik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul keterampilan menulis berbasis kesulitan analitik, meningkatkan minat menulis siswa dengan pengmbangan modul keterampilan menulis berbasis kesulitan analitik, meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menerapkan pengembangan modul keterampilan menulis berbasis kesulitan analitik. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develoment (R&D) diawali dengan studi pendahuluan sebagai tahapan untuk mengumpulkan data awal siswa. Uji produk dalam R & D ini dibagi menjadi 3 penilaian yakni uji validitas produk, uji validitas RPP penerapan Modul Ajar, dan uji validitas soal post test. Pada tahap analisis sampai pengembangan melibatkan 3 orang validator (validator materi, desain, dan bahasa), dan pada tahap implementasi sampai evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah dan guru bahasa indonesia MI Al-Mukhtariyah Mamben daya) yang akan menilai draft II. Peserta didik kelas III MI Al-Mukhtariyah Mamben Daya. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develoment (R&D) diawali dengan studi pendahuluan sebagai tahapan untuk mengumpulkan data awal siswa. Uji produk dalam R & D ini dibagi menjadi 3 penilaian yakni uji validitas produk, uji validitas RPP penerapan Modul Ajar, dan uji validitas soal post test. Pada tahap analisis sampai pengembangan melibatkan 3 orang validator (validator materi, desain, dan bahasa), dan pada tahap implementasi sampai evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah dan guru bahasa indonesia MI Al-Mukhtariyah Mamben daya) yang akan menilai draft II. Peserta didik kelas III MI Al-Mukhtariyah Mamben Daya. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa modul keterampilan menulis berbasis kesulitan analitik valid dan efektif. Validitas materi menunjukkan hasil sangat valid dengan skor 96,6% (IPS & PKN) dan 98% (Bahasa), validitas desain juga menunjukkan hasil sangat valid dengan skor 94,2%, dan validitas bahasa menghasilkan nilai yang sangat valid dengan skor 95%. Uji kelompok kecil menunjukkan angka sangat valid dengan skor tanggapan terendah 90% dan yang tertinggi 95%, begitu juga pada uji kelompok besar menunjukkan hasil yang sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai ketercapaian 90% dari nilai minimal yang ditetapkan. Pengembangan lebih lanjut disarankan agar: (1) memperluas subjek penelitian, (2) memperluas komponen dan materi, (3) mengembangkan dalam bentuk media audio-visual. Pemanfaatan modul keterampilan menulis berbasis kesulitan analitik ini dapat diadaptasi oleh sekolah yang memiliki kurikulum dan karakteristik siswa serta kondisi sekolah yang tidak jauh berbeda

References

Alim, Abdul, Khirjan Nahdi, and Baiq Rismarini Nursaly. 2022a. “Hal. 344-352 |SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia |Vol.” 5(2). http://e journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs.

Dwi Anggraini, Ringga, Ikha Listyarini, and Choirul Huda. 2019. “Keefektifan Modul Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan.” International Journal of Elementary Education 3(1).

Fahrurrozi, Muhammad, Mohzana Mohzana, and Hary Murcahyanto. 2021. “Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Guru Kelas.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4(1): 197–205.

Hidayatun, Nuriya et al. Kesulitan analitik keterampilan menulis peserta didik Madrasah Ibtidaiyah.

Mohzana, Hary Murcahyanto, and Muhammad Fahrurrozi. 2021. “Kemampuan Guru Dalam Menilai Aspek Afektif.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4(1): 243–48.

Prihatin, Yulianah. 2021. “Problematika Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring.” Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan 6(2).

Rahmawati, Susilailiy. 2021. “Penerapan Modul Pembelajaran CIRC Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan Di Madrasah Ibtidaiyah.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9(1).

Resmini, Dra Novi, and M Pd. Simulasi Kreatif Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah.

Sugiharti, R. E., and M. Wulandari. 2017. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Va Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Ad-Damawiyah Cibitung.” pedagogik 5(2).

Syahrum, Tri Budhi Sastrio, and Hetty Purnamasari. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Dan Ketrampilan Berbicara.” Indonesian Journal of Instructional Technology 2.

Syam, Nur. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Strategi Pembelajaran Critical Incident Pada Murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.” DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 2(1).

Trisusilawati, Trisusilawati. 2021. “Peningkatan Keterampilan Menulis Prosa Deskriptif Melalui Modul Quantum Learning.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 16(2).

Veryawan, and Jellysha. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kata Orak-Arik.” Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education 3(1): 13–22.

Wahyudi, Mukammad, Suhel Madyono, and Alif Mudiono. 2019. “Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Dan Keterampilan Menulis Narasi Di Madrasah Ibtidaiyah.” Wahana Madrasah Ibtidaiyah 27(1).

Yulianti, Retno. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Pop-Up Book.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Yurmaita, Duhita Savira Wardani. 2021. “Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Sd Kelas Iv Dengan Menggunakan Modul Savi.” Journal of Elementary Education 04(04).

Yusrumaida, Yusrumaida. 2021. “Penerapan Teknik Mind Maps Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.” Journal of Education Action Research 5(4).

Zaenab, Siti, Suhartono Suhartono, and Moh Salimi. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Strategi Menulis Terbimbing Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 11(2).

Downloads

Published

2023-08-15