PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, keterampilan berbicara.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan ialah model For-D, ada empat Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Defaine, Design, Develop, dan Desiminate. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIa SDN 1 Gereneng Kecamatan Sakra Timur sebanyak 21 orang. Instrumen penugumpulan data terdiri dari lembar Validasi pengembangan LKPD dengan menggunakan tiga validator yaitu validator ahli materi, validator ahli kebahasaan dan validatoh ahli desain, lembar angket respon siswa, dan lembar analisis hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi LKPD oleh validator ahli materi, kebahasaan, desain dan uji coba sekala kecil dan besar tengtang respon siswa serta analisis hasil belajar siswa. Penilaian produk oleh ahli materi, dengan nilai prolehan 83, dengan rata-rata 4,88, sekor maksimal 85 berada pada persentase sekor 80% - 100% dengan interpretasi sangat valid. Penilaian produk oleh ahli kebahasaan, dengan nilai prolehan 34, dengan rata-rata 3,77, sekor maksimal 45 berada pada persentase sekor 60% - 79,99% dengan interpretasi valid. Penilaian produk oleh ahli desain, dengan nilai prolehan 74, dengan rata-rata 3,36, sekor maksimal 110 berada pada persentase sekor 60% - 79,99% dengan interpretasi valid. Perolehan nilai respon siswa skala kecil 134 dengan persen tase 93,1% termasuk kata gori sangat merespon, nilai respon siswa skala besar 503 persentasenya 99,8% dengan kata gori sangat merespon dan nilai rata-rata siswa 88 persentase ketuntasan belajar 95% termasuk kata gori sangat baik.Berdasarkan hasi penelitian tersebut pengembangan LKPD berbasis cerita rakyat sangat sfektif digunakan untuk meningkatkan ketermpilan berbicara pada siswa sekolah dasarReferences
Abbas, M. F. F., & Herdi, H. (2022). Investigasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi validasi oleh validator ahli materi jumlah nilai 73, persentase sekor 86% dengan kriteria sangat valid
Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran Ipa Di Smp. Teaching : Jurnal validasi oleh validator ahli materi jumlah nilai 73, validasi oleh validator ahli materi jumlah nilai 73, persentase sekor 86% dengan kriteria sangat valid https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2).
Bintang, A. Y. (2021). Jeneis-Jenis Keterampilan Berbicara. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 79.
Devi, I. A., Antara, I. P. A., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen Kemampuan Motorik Diskrit untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 400. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38177
Fahrurrozi, M., Mohzana, M., & Murcahyanto, H. (2021). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Guru Kelas. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2146
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hadi, S. (2019). Analisis Deskriptif Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 27.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422.
Hikmawati, H., Sahidu, C., Kosim, K., Sutrio, S., & Gunawan, G. (2020). Analisis validasi oleh validator ahli materi jumlah nilai 73, persentase sekor 86% dengan kriteria sangat valid https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2666
Iib Marzuqi, M. Pd. (2019). Keterampilan Berbicara (M. Pd. Nurul Kusnah, Ed.; Cetakan Pe). CV Istana Jl. Jambangan No. 8 Surabaya Jawa Timur, Indonesia.
Junaidi, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. 6(1), 56–61.
Kadarisma, G., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 299. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9330
Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295
Nurdin dan Adriantoni, (2016:111). (2020). Kelebihan dan Kekurangan LKPD. 5(3), 26.
Padlurrahman dan Murcahyanto, H. (2014). Pengembangan Paket Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Drill and Practice Melalui Model Pembelajaran Berbantuan Komputer : Analisis Kebutuhan Di Sma / Ma. Jurnal Educatio, 9(2).
Pratami, F., Ikbal, M., & Rahmi, N. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Akidah Akhlak Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Kelas IV validasi oleh validator ahli materi jumlah nilai 73, persentase sekor 86% dengan kriteria sangat valid https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.388
Purwanti, M., & Ristiono, R. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 334. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850
Rahmawati, D., Jannah, N., Ragil, I., & Atmojo, W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 6(1), 1064–1074.
Rahmawati, P. P. (2021). Modul Kurikulum dan Pembelajaran Dengan Pendekatan Hypercontent. CV Anugrah Utama Raharja.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan Literasi Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2822
Setyosari. (2019). Penelitian Pengembangan Setyosari, 2015:276). Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id › Laterne › Article › View, 5(3), 47.
Siskalia, Pargito, & Sowiyah. (2017). Langkah-langkah Pengembangan Media LKPD Berbasis Cerita Rakyat. Progress in Physical Geography, 14(7), 1–9.
Sriyanti, A., Wahyuni, S., Latuconsina, N. K., & Amin, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Software Sigil dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Program Linear Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 300–313. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1070
Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889