PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLABORATIVE BASED INQUIRY (CBI) TERINTEGRASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD
Keywords:
Pembelajaran Matematika, model pembelajaran kolaboratif based inkuiri, TPACK, Motivasi belajar, bangun ruang.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) terintergrasi Technological pedagogical Knowledge (TPK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD, (2) interaksi penggunaan model Pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) Terintegrasi Technological Pedagogical Knowledge (TPK) terhadap motivasi belajar siswa SD, (3) pengaruh model pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) terintergrasi Technological Content Knowledge (TCK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD, (4) pengaruh model pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) terintergrasi Technological Content Knowledge (TCK) terhadap motivasi belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas tinggi IV, V dan VI SD Negeri 3 Dasan Lekong tahun pelajaran 2022/2023, sejumlah 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Colaborative Based Inquiry (CBI) Terintegrasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Masing-masing kelas terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan berfikir kritis menggunakan metode tes, motivasi berprestasi menggunakan angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan manova satu jalur sel tak sama dengan bantuan SPSS 22 For Windows. Berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan: (1) ada pengaruh model pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) terintergrasi Technological pedagogical Knowledge (TPK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD, (2) ada interaksi penggunaan model Pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) Terintegrasi Technological Pedagogical Knowledge (TPK) terhadap motivasi belajar siswa SD, (3) ada pengaruh model pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) terintergrasi Technological Content Knowledge (TCK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD, (4) pengaruh model pembelajaran colaboratif based inquiry (CBI) terintergrasi Technological Content Knowledge (TCK) terhadap motivasi belajar siswa SDReferences
Khusnul, Safrina, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1238
Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika DanIlmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuraini, L., Nur, E., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 395–403.
Sri Supiyati. (2010). Effects of Learning Methods on University Students’ Abilities to Apply Learning Methods in Mathematics Learning Strategy Course, Thesis. Graduade School, Yogyakarta State University, 2010
Ni Made Yuli Utami, I Gede Margunayasa, & Ni Nyoman Kusmariyatni, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran terhadap hasil Belajar IPA di tinjau dari Motivasi Berprestasi (Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2(2), 139-151
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 98–102.
Nym, N., Darjiani, Meter, I. G., Agung, I. G., & Negara, O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. At-Ta’lim :Jurnal Pendidikan, 7(1), 46–54.
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalamMenyelesaikan Soal Cerita. 3(4), 534–540.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.
Marhamah, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, Volume 2,Nomor 3 (hlm. 277-282);
Lestari, Gusti Ayu Made, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping terhadap Pemahamn Konsep IPA Siswa”. e-Journal Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 3 (hlm. 1 -10);
Kartika, Ni Made Dwi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA”. e-Journal PGSD Undiksha. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1 -11);
Nofrion, Wijayanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 10(2), 105-116. https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.9070.
Suyamto Joko, dkk.(2020). Analisis kemampuan TPACK (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) guru biologi SMA dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Jurnal Pendidikan IPA, 9 (1). 50.
Rafi Ibnu. (2019). Pengintregasian TPACK dalam pembelajaran transformasi geometri SMA untuk mengembangkan profesonalitas guru matematika. Jurnal SJME (Supremum Jouernal of Mathematics Education), 3 (1). 48.
Nofrion. (2018). Analisis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) guru geografi di kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 10 (2). 107