Pengembangan LKPD Berbasis PJBL Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Baiq Siti Nurhidayati, Padlurrahman Padlurrahman, Nuraini Nuraini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui validitas produk pengembangan LKPD berbasis PjBL pada pembelajaran matematika 6 Sekolah Dasar, Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan LKPD berbasis PjBL pada pembelajaran matematika kelas 6 Sekolah Dasar, Untuk menguji efektivitas produk hasil pengembangan LKPD berbasis PjBL pada pembelajaran matematika kelas 6 Sekolah Dasar. metode penelitian yang digunakan adalah research and Develoment (R&D), dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE terdiri dari tahapan Analisist, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Desain uji coba produk ini meliputi pravalidasi, validasi ahli, dan uji produk hasil pengembangan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah validasi ahli melibatkan 3 orang ahli, 1 orang ahli bahasa 1 orang ahli materi , dan 1 orang ahli desain, uji coba sekala kecil terdiri dari 10 orang siswa dan uji coba skala besar dengan 30 orang siswa. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.. Hasil uji coba sekala kecil menunjukkan skor rata-rata perolehan 4 atau 80 % dengan rata 77, dan uji coba skala besar dengan rata-rata 4,1 dan persentase 8,1% dapat dikategorikan sangat layak

Keywords


Pengembangan LKPD, PJBL, dan Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Triprasetyo. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, A. dan Cholid Narbuko. (1997). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Aris, Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZ Media.

Daryanto dan Muljo Raharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. Kurikulum 2006, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs. Jakarta, 2006.

Fatmawati . 2011. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa.” Pdfs.Semanticscholar.Org.(diakses pada tanggal 9 Februari 2023)..

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Senang Belajar Matematika Buku Guru SD/MI Kelas VI. Jakarta:PT Masmedia Buana Pustaka.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta, 2016

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. “Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri”. Jakarta, 2022.

Fathurrahman, Mukti. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dioda Zener Sebagai Rangkaian Penstabil Tegangan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparmin dkk . (2017). Matematika untuk SD/MI kelas VI. Surakarta:CV Mediatama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Suyitno, Amin . (2005). Pemilihan Model – model Pembelajaran Matematika dan Penerapannya di Sekolah Dasar. Semarang; Jurusan Matematika FMIPA UNNES Semarang.

Suyono & Hariyanto . (2019). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung:Remaja Rosdakarya

Winastwan, G. dan Sunarto. (2010). Pakematik Strategy Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Flex Media Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.