Pengembangan Modul Literasi Budaya Permainan Tradisional Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar

Astagina Widiana, MUhammad Khairul Wazni, Padlurrahman Padlurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul literasi budaya permainan tradisional sebagai upaya menguatkan karakter profil pelajar Pancasila. Untuk mengetahui kevalidan modul literasi budaya permainan tradisional berbasis karakter yang dikembangkan sebagai upaya menguatkan profil pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Untuk mengetahui efisiensi dan kepraktisan modul yang dikembangkan dalam menguatkan profil pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and depelovmen dengan mwngadopsi medel pengembangan ADDIE (analisist, design, development, and implementation) instrument pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, pedoman wawancara, kuesioner, rubrik penilain profile pelajar Pancasila, dan validasi ahli. Hasil penelitian ini adalah dari validasi ahli Bahasa dengan kategori (layak digunakan), ahli materi (layak digunakan) dan ahli media (sudah layak digunakan), sedangkan hasil uji coba sekala kecil menunjukkan bahwa Aspek pembelajaran modul memperoleh nilai 89,79%, Aspek tampilan modul memperoleh nilai 90,17%, Aspek penggunaan modul memperoleh nilai 89,16%. Sedangkan hasil uji coba sekala besar menunjukkan bahwa pada pembelajaran modul permainan tradisional memperoleh nilai 88%, Nilai dimensi Kebhinekaan global, pada pembelajaran modul permainan tradisional memperoleh nilai 89%, Nilai dimensi gotong royong, pada pembelajaran modul permainan tradisional memperoleh nilai 92%, Nilai dimensi mandiri, pada pembelajaran modul permainan tradisional memperoleh nilai 91%. Nilai dimensi berpikir kritis, pada pembelajaran modul  permainan tradisional memperoleh nilai 90%

Keywords


Modul Literasi Budaya, Permainan Tradisional, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Achmadi, A., & C.Narbuko. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahlaro, S. R. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan English

Alam, L. ., Dirgayunita, A., & Dheasari, A. . (2022). Dampak kecanduan game online pada moralitas anak-anak di Desa Ganggungan Kidul Kabupaten Probolinggo. Jpdk, 2, 301–307.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kamus besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan belas edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iman, N. (2021). Permainan Tradisioal Sasak (Manuk Kurung): Sebagai Media Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (5-6 Tahun). … SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN …, 2(5), 215–226. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/10.36312/JSM

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Kurniawan, A. W. (2019). Olahraga dan permainan tradisional. Jakarta: Wineka Media.

Laily, I. F. (2015). Penerapan permainan tradisional sebagai salah satu penguatan pengembangan pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Primary, 7(2), 219–236. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6420

Lusiana, E. (2012). Membangun pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisional pada anak usia dini di kota PATI. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/belia.v1i1.1601

tradisional engklek pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 4, 2556–2560. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7426

Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Sa’idah, I., & Annajih, Z. H. (2020). Pengembangan Panduan Permainan Tradisional Benteng Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Sdn Lawangan Daya Pamekasan. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 129–140. https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i2.20

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034

Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Widoyoko, E. P. (2012). Tekhnik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.