Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Sosio-Religius Di SD Islam Darul Hijrah Aikmel Utara

Authors

  • Purnama Hadi Universitas Hamzanwadi
  • Musifuddin Musifuddin Universitas Hamzanwadi
  • Muh Fahrurrozi

Keywords:

Sinergitas guru, orang tua, sosio religious

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisa bentuk sinergi guru-orang tua dalam pembentukan karakter sosio-religius di sekolah dan di rumah. 2) Mendeskripsikan dan menganalisa starategi bentuk sinergi guru-orang tua dalam pembentukan karakter sosio-religius di sekolah dan rumah. 3) Mendeskripsikan dan menganalisa dampak sinergi guru-orang tua dalam pembentukan karakter sosio-religius di sekolah dan rumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitiannya dilakukan pada kondisi alamiah (natural setting) disebut juga metode etnografi dengan jenis penelitian lapangan (field reseach), menggunakan desain deskriptif analisis. Dalam desain tersebut terdapat dua variabel bebas yaitu Sinergitas dan Orang tua dan satu variabel terikat yaitu Sosio Religius. Penggunaan metode ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam suatu permasalahan yang berkaitan dengan pembentukan sosioreligius pada siswa SD Islam Darul Hijrah Aikmel Utara. Hasil dari analisa tersebut menyatakan bahwa bentuk sinergitas guru dan orang tua dalam membentuk karakter sosio-religius siswa Sekolah SD Islam Darul Hijrah Aikmel Utara adalah dengan menggunakan dua pola yaitu newsletter dan telephone yaitu guru menggunakan buku monitoring untuk berkomunikasi langsung dengan orang tua. Dampak pola kerjasama orang tua dan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter sosio-religius siswa SD Islam Darul Hijrah yaitu siswa ikut andil dalam pembentukan karakter dan orang tua dapat mengetahui secara langsung perkembangan anaknya. Adapun hambatan yang ditemukan adalah beberapa orang tua yang masih belum mengetahui pentingnya kerjasama antara guru dan orang tua sehingga mereka acuh terhadap tindakan atau program yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam sehingga tujuan dari sekolah pun sulit di realisasikan dengan sempurna.

References

Ahmadi, A. (2004). Psikologo Pendidikan. Rineka Cipta. Aqib, Z. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis (p. 344). Bumi AKSARA.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelelitian sebagai Suatu Sumber. Rineka Cipta. Asber, A. (2019). Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta didik Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Sma Muhammadiyah Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 202–212. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/2679

Astuti, S., Pramudiani, P., Masykuroh, K., & Ulfah, S. (2021). Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 117–133. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38898

Bungin, B. (2001). Prosedur Penelitian Ilmiah (p. 540). Remaja Rosdakarya. Gulo. (2007). Metodologi Penelitian. Gramedia.

Haniah, P. S. I. (2019). Sinergitas guru dan orang tua dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di tengah pandemi covid-19. 19, 19–34. Hatimah, I., & dkk. (2007). Penelitian Pendidikan. Upi Press.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. In … Pendidikan …. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam. PT. Rosdakarya.

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Sahlan, A. (2012). Religiusitas Perguruan Tinggi (Potret Pengembnagan (p. 234). Rosda Karya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (p. 540). Alfabeta.

Sutarna. (2011). Pendidikan Karakter Peserta didik Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1–4. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/download/8948/6509

Syaodih, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Raja Grafindo.

Taufik, M. (2018). Nilai sosio-religius masyarakat:Studi intraksi antarummat beragama di Yogyakarta. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 16(1), 23. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i1.2154

Tsauri, S. (2005). Pendidikan Karakter:peluang dalam membangun karakter bangsa. IAIN Jember Press.

War, M., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Nahdlatul, D., & Praya, W. (2019). Sosio- Religius Pesantren : Aktualisasi Nilai-Nilai Agama Dalam Ruang Sosial. Fikri : Jurnal Kajian Agama , Sosial Dan Budaya, 4, 1–14.

Wari, P. D. A., & Setiawan, E. (2022). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Manajemen Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 28–35.

Wibisono, M. Y. (2020). Sosiologi Agama (Vol. 5, Issue 3). UIN Sunan Gunung Jati.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (p. 213). Pustaka Pelajar.

Wina, S. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Group.

Yahdi, M. (2011). Paradigma pendidikan Islam holistik. Ulumuna, 15(1), 73–94. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i1.210

Zuhria, I. (2021). Sinergitas guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 29–50. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186.

Downloads

Published

2023-10-10