Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Keritis Peserta Dididk Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan Bahan Ajar, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir KeritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan potret permasalahan dan kebutuhan akan bahan ajar IPS berbasis Discovery Learning sehingga valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Mendesain bahan ajar IPS berbasis Discovery Learning sehingga praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Mengukur efektivitas hasil pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar IPS berbasis Discovery Learning peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). penelitian ini mengadopsi model penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan yang sudah disederhanakan menjadi 6 tahapan yaitu, (Studi Pendahuluan, Penyusunan Desain Pengembangan Bahan Ajar, Validasi, Revisi. Evaluasi, dan Implementasi). Adapun penelitian dan pengembangan yaitu: Tahap Studi pendahuluan, Uji Coba Produk sekala kecil, Uji Coba Produk Sekala besar. Peran dan fungsi validasi pakar ahli pada tahap pengembangan, menjadi dasar studi kelayakan produk, tanggapan pengguna menjadi dasar menetapkan kepraktisan produk, sedangkan data hasil pretest dan posttest pada tahap implementasi menjadi dasar menetapkan efektivitas produk. Hasil validasi pakar ahli materi nilai rata-rata 3,60, pakar ahli bahasa nilai rata-rata 3,00, pakar ahli tehnologi nilai rata-rata 3,60 dan nilai 183, rata-rata tanggapan pengguna 3,75, dengan standar nilai maksimal (skor ideal) 4,0. Dengan demikian validasi produk secara komprehensif mendapat skor nilai rata-rata 3,40 Dengan kategori kualitas (sangat baik). Sedangkan hasil analisis uji efektivitas produk menggunakan analisis NGain score mendapat gain score mean 0,71.References
Abdillah, “Pengembangan Modul Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar,” J Pemikir Dan Peneliti Pendidik. Mat, vol. Vol 1 No 2, 2018
Anitah, S. dkk. 2009, Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11.
Aprilia, D. R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Model Blended Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Usaha dan Energi.
Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, 1–11.
Budiardjo, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pengujian Material pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS. Jurnal Nosel, 4(3).
Chandrawaty, C. (2016). Mendidik dengan Hati dan Keteladanan. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 75–85.
Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik.
Farid, A. (2020). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Literasi Geografi Materi Flora dan Fauna Terhadap Hasil Belajar Peserta didik.
Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) E-Issn 2721-9666, 1(2), 39–46..
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1).
Ginanjar, M. H. (2017). Tantangan dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 17.
M. Nurdin, “Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematika dan Percaya Diri Siswa,” J. Penelit. Univ. Garut, vol. Vol. 09 No. 01, 2016.
Pinahayu, E. A. R., Auliya, R. N., & Adnyani, L. P. W. (2018). Implementasi Aplikasi Wingeom untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 112–121.
Rahmania, R., Danial, M., & Gani, T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 194-204.
Saputri, N., Azizah, I. N., & Hernisawati, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar
Modul dengan Pendekatan Discovery Learning pada Materi
Himpunan. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 48-58.
Sunardi, S., Purnomo, P., & Sutadji, E. (2016). Pengembangan Employability Skills Siswa SMK Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1391–1398.
Ulfa, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.