Pengembangan Media Papan Dakon Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTS

Muhammad Ainul Yusri, Edy Waluyo, Sri Supiyati

Abstract


Abestrak

Penelitian ini bertujutan untuk mengetahui kevalidan media papan dakon matematika berbasis android dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk mengetahui kepraktisan media Papan dakon matematika berbasis android dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk mengetahui keefektifan media Papan dakon matematika berbasis android dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Tahapan dari model pengembangan ADDIE yaitu: Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran dakon matematika berbasis android, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Media pembelajaran dinyatakan layak dan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi KPK & FPB, hal ini berdasarkan hasil penelitian dari para ahli diantaranya ahli media prosentase sebesar 78.10%  dengan kategori sangat layak , ahli materi prosentase sebesar 80.00% dengan kategori sangat layak dan ahli bahasa prosentase sebesar 70.00% dengan kategori layak. Media pembelajaran dakon matematika berbasis android dinyatakan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi KPK & FPB. Hal ini berdasarkan dengan hasil uji coba skala kecil dengan rata-rata prosentase sebesar 81.29% dan hasil uji coba skala besar dengan rata-rata prosentase sebesar 80.51%.


Keywords


Media Papan Dakon, Berbasis Android, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Ansori, M., dan Iswati, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press.

Astuti, Anna Yuni. Muklis., dan Ngapiningsih. (2020). Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Karya.

Irsyad, H. (2016). Aplikasi Android dalam 5 Menit Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media.

Jalinus, N., dan Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Masruri, M. (2015). Buku Pintar Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Najoan, R. (2019). Strategi Pemecahan Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Minahasa Utara: Penerbit Makaria Waya.

Oka, G. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Pribadi, B. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sriyanto, H. (2017). Mengobarkan Api Matematika. Bojonggenteng: CV Jejak (Jejak Publisher).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, H., dan Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Susilana, R., dan Riyana, C. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Wahadyo, A. (2013). Android 4: untuk Pengguna Pemula Tablet & Handphone. Jakarta: Media Kita.

Wahyudi, W., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Usman Irawan, & Wirasasmita, R. H. (2019). Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 84–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.