Pengembangan Modul Ajar Ipas Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Ahmad Zarman Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Khairul Wazni Universitas Hamzanwadi
  • Nuraini Nuraini

Keywords:

Kreativitas Belajar Siswa, Pengembangan Modul Ajar Berbasis PjBL.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan modul ajar berbasis PjBL untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan ialah model 4D, ada 4 langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu define desain, develop, dan desiminate. Subjek penelitian digunakan adalah siswa kelas IV SDN 1 Pengadangan sebanyak 6 orang untuk kelompok kecil dan sebanyak 128 orang dari 4 sekolah berbeda di disekitar sekolah untuk perwakilan kelompok besar. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi pengembangan modul ajar dengan menggunakan 4 validator yaitu validator ahli materi IPA, validator ahli materi IPS, validator ahli kebahasaan dan validator ahli desain, lembar angket respon siswa dan lembar analisis hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dan validasi modul ajar oleh validator ahli materi, ke bahasaan dan desain serta uji coba skala kecil dan besar tentang respon siswa serta analisis hasil belajar siswa. penelitian produk oleh ahli media/desain dengan nilai perolehan 74 dengan rata-rata 4,11, skor maksimal 90 dengan persentase 82,22% berada pada kriteria persentase 80%-100% dengan interpretasi sangat valid. penilaian produk oleh ahli kebahasaan dengan nilai produk 47 dengan rata-rata 4,7 skor maksimal 50 dengan persentase 94% berada pada kriteria presentase 80%-100% dengan interpretasi sangat valid. Validasi produk oleh ahli materi IPA dengan nilai perolehan 72 dengan rata-rata 4,8 skor maksimal 75 dengan persentase 96% berada pada kriteria persentase 80%-100% dengan interpretasi sangat valid. Validasi produk oleh ahli materi IPS dengan nilai perolehan 68 dengan rata-rata 4,5 skor maksimal 75 dengan persentase 85,3% berada pada kriteria persentase 80%-100% dengan interpretasi sangat valid. perolehan nilai respon siswa skala kecil 138 dengan persentase 95,8% termasuk kategori sangat merespon, nilai respon siswa skala besar 3.050 persentasenya 99% dengan kategori sangat merespon dan nilai rata-rata sangat sesuai 95% sangat baik termasuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pengembangan modul ajar berbasis PjBL sangat efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berlebih untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada siswa sekolah dasar

References

Ali, M. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.

Ariyanto, dkk. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Penguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Mitra Swara GaneshA, 9(2), 101–116. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2155

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. 1–14.

Fadilah, A. N., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 152–159. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2807

Hidayati, B. N. (2021). Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Pemongkong Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together. YASIN: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 1–11. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin/article/view/1

Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V2I2.48

Latifah, D. (2021). Implementasi Metode Kontekstual dalam Pengajaran IPA di SD.

Maylisan, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ( Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SDN 02 Manggar Belitung Timur ). http://repository.unpas.ac.id/

Saragih, A. A., & Khadijah, K. (2022). Model Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(3), 5408–5415. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2850

Sintaks Project Based Learning (PjBL) Menurut Para Ahli. (n.d.). Retrieved June 14, 2023, from https://gurusekali.com/model-pembelajaran/sintaks-model-pembelajaran-project-based-learning-pjbl/

Yunita, L., Agung, S., & Noviyanti, Y. (2017). Penerapan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Siswa Pada Praktikum Kimia Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/107-114

Yusuf, M. (2016). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. 1–23.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung:Alvabeta, 2018.

Zharhaq, Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi, Vicratina Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3, No 1, Mei 2015.

Downloads

Published

2023-10-14