Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Program Sekolah Penggerak (PSP) Tingkat SMA Dikabupaten Lombok Timur

Authors

  • Hurman Hurman Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Ali Universitas Hamzanwadi
  • Nuraini Nuraini

Keywords:

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Program Sekolah Penggerak (PSP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui perbandingan cara implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila disekolah penggerak tingkat SMA dikabupaten Lombok timur dan memahami cara memilih tema projek, menentukan waktu pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitian kualitatif, Subyek penelitian ini adalah  tepat adalah kepala sekolah,wakasek kurikulum,komite pembelajaran, dan guru. Penelitian ini bertempat di sekolah penggerak dikabupaten Lombok Timur yaitu SMAN 1 Selong, SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Pringgabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dilombok timur, yang pertama di SMA Negeri 1 Selong, SMA Negeri 1 Masbagik dan SMA Negeri 1 Pringgabaya.  Implementasi P5 dilaksanakan sesuai panduan P5 dari kemendikbudristek dan sesuai Kepmendikbudristek No.262 tahun 2022. Langkah-langkah yang dilakukan sekolah penggerak dalam melaksanakan P5 Yaitu (a) membentuk tim P5 (b) memilih tema (c) Menyusun modul P5 (d) melaksanakan projek (e) Melaksanakan panen karya. Adapun pihak yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan P5 adalah Kepala sekolah, wakasek kurikulum,tim fasilitator P5, Komite pembelajaran dan terakhir guru mata Pelajaran sesuai beban kurikulum. Peran Komite pembelajaran dalam pelaksanaan P5 ini adalah terlibat langsung dalam mendesain program dan sekaligus sebagai pihak yang melaksanakan dan mengevaluasi P5 tersebut.

References

Aditia, D., , Mardiana,E. Ariatama,S,& Sumargono.(2021). Pancala APP (Pancasila Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik,Edukasi:Jurnal Penelitian& artikel Pendidikan, 13 (02),91-108.

Elmawati Ninla Falabiba,Anggaran,A.W.M,Hassanin,A,Supervised,A,Wiyono,B. Falabiba,N.E,Zhang,Y.J.Li,Y,7Chen,X.(2014).Kolaborasi Terpusat Pendidikan Dalam Penataan Budaya Sekolah Berbasis Pembudayaan Nilai Pancasila Untuk Membangun Siswa Berkarakter. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documens,5(2),40-51.

Halidjah,S,& Hartoyo,A.(2022).Sinergi peserta didik Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5),7840-7849.

Kemendikbud ristek, (2022). Penguatan Profil pelajar Pancasila. 9(1), 46-57

Kemendikbud, (2022). Kurikulum Merdeka jadi jawaban untuk atasi Krisis pembelajaran .https://Kemendikbud.go.id

Kemendikbud, (n.d), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Retrieved August 31, 2022, from https://roren.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/03/SALINAN-PERMENDIKBUD-22-TAHUN-2020.pdf

Kemendikbudristek (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.1-108.

Mulyasa.(2013).Pengembangan dan implementasi pemikiran kurikulum: Vol.IV(Anang Solihin Wardan) (ed); IV.Remaja Rosdakarya.

Munawar,M. ((2022 0. Penguatan komite Pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak Usia Dini.Tinta Emas:J urnal Pendidikan Islam Usia Dini,1(1),65-72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.vlil.390

Nisa,Z.(2022).Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Al-Falah Deltasai Sidoarjo Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Novera,E, Daharnis, D,Yeni,E,& Ahmad,F.(2021).Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam meningkatkan Karakter Siswa Indonesia,JurnalBasicedu,5(6),6349-6356.

Nugrahani ,F.(n.d.).Penelitian Kualitatif. Nugraheni Rachmawati,A.M.M.N.I.N. (n.d). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototype disekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.Retrieved November 16,2022.from https://jbasic.org/index php/basicedu/article/view/2714.

Nurani,D.I.Anggraini.,(2022).Edisi Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar.

Safitri, Andriani D.W.Y.T.H.(n.d)Projek penguatan profil pelajar Pancasila: Sebuah orientasi baru Pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia.

Sugeng, Bambang, (2022). Fundamental Metodologi Penelitian kualitatif(Vol.1),Deepublish https://www.google.co.id/books/edition/ fundamental¬- Metodologi-penelitian-kuanti.

Downloads

Published

2023-10-29