Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di Tinjau Dari Kehidupan Keluarga Di SMAN 1 Praya Barat

Mahsun Mahsun, Badaruddin Badaruddin, Abdul Latif

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Faktor-faktor yang menghambat prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah. Untuk mendeskripsikan upaya orang tua dalam mendorong siswa agar berprestasi pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Praya Barat bila ditinjau dari segi kehidupan keluarga. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. subjek penelitian ini adalah siswa/I SMAN 1 Praya Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik triangulasi. faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA N 1 Praya Barat diantaranya, (1) fakor perhatian siswa, (2) faktor metode mengajar guru, (3) faktor lingkungan keluarga dan (4) faktor ketersediaan sarana dan prasarana. Dari faktor-faktor tersebut sangat berdampak pada siswa yang mengakibatkan siswa malas mengikuti pembelajaran, siswa lebih memilih mengobrol dengan teman sebangku yang hasilnya berdampak terhadap nilai yang belum mencapai KKM. Selain itu guru juga melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kesultan-kesulitan tersebut antara lain: (1). Pengolahan Kelas, (2). Penggunaan Metode dan Media mengajar, (3). Penilaian Prestasi Belajar Siswa, (4). Program Remidial dan Pengayaan

Keywords


Prestasi Belajar Siswa, di Tinjau Dari Kehidupan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Aryani, F.(2014) Motivasi Belajar Mahasiswa “jurnal Penelitian Pendidikan Insani”. 16 (1).41-46.

Ahmadi, A., & Supriono, W. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Creswell, J. W. (2014). Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru.Surabaya:Usaha Nasional.

Djfar, F. (2014). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak, “Jurnal Manajemen Pendidikan Islam”.2 (1).

Fitriana. (2015). Pengaruh Perekonomian Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mtss Keude Simpang Empat Simpang Keuramat Aceh Utara “Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi” 3 (1).

Harahap, N. (2010). Penelitian Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional. Hamalik Oemar (2008). Proses Pelajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Marfuadi, (2000).Perekonomian Keluarga dan Kebutuhan, Jakarta: Nuansa.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustamin Hasmiah Dan Sulasteri Sri (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar “Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan)” 1 (1).

Nasution, (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusnani. (2013). Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah Di Sdn Pinggir Papas I kec. Kalianget “Jurnal Performance”Bisnis & Akutansi “ 3 (2).

Slameto. (2003). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta: rineka Cipta.

Syah, M. (2010) Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.