Pengembangan E-Modul Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Sasak Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker

Authors

  • Masrur Masrur Universitas Hamzanwadi
  • MUhammad Ali
  • Hary Murcahyanto

Keywords:

Kata kunci, pengembangan, e-modul, Muatan Lokal Bahasa Sasak, Kvisoft Flipbook Maker

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah unutk 1) mengetahui validitas produk pengembangan e-modul pembelajaran Muatan Lokal bahasa Sasak menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Kembang Kerang Daya; 2) mengetahui kepraktisan pengembangan e-modul pembelajaran Muatan Lokal bahasa Sasak menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Kembang Kerang Daya; dan 3) menguji efektivitas produk hasil pengembangan e-modul pembelajaran Muatan Lokal bahasa Sasak menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Kembang Kerang Daya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan e-modul pada penelitian ini menerapkan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yang meliputi Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), and Evaluations (E). Uji coba dilaksanakan di SD Negeri 3 Kembang Kerang Daya. instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli, angket respon peserta didik, lembar tes efektivitas produk uji coba kelompok besar. Analisis data validitas dan analisis data kepraktisan masing-masing dilaksanakan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian yang dibagi dalam lima kategori. Analisis data efektivitas produk e-modul dilakukan dengan cara mencari selisih skor hasil pretest dna posttest, kemudian dikonversi ke dalam interpretasi nilai gain. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut 1) hasil validasi para ahli diperoleh skor 78,6 dan dikonversi menjadi kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di SD; 2) rekapitulasi hasil uji coba kelompok besar terkait kepraktisan e-modul sebesar 83% yakni dari 13 responden menyatakan e-modul pembelajaran Muatan Lokal layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran di SD; 3) efektivitas produk e-modul diperoleh dari hasil pretest sebesar 31% dan hasil posttest sebesar 95% sehingga diperoleh nilai gain sebesar 0,7 dengan simpulan bahwa penggunaan e-modul dalam pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Sasak sangat efektif. Penelitian ini menghasilkan produk e-modul pembelajaran berupa file exe yang dapat dipergunakan pada laptop berbasis Windows serta dapat dicetak dalam bentuk modul. Komponen utama pada produk e-modul terdiri dari bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Masing-masing komponen e-modul pembelajaran memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Hary Murcahyanto, H., Mohzana, M., & Farida Sani, F. (n.d.). Development of Traditional Music Learning Media Using Macromedia Flash 8.

Hendriyani, Y., Novaliendry, D., & Zain, R. H. (2020). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Fungi untuk Memberdayakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X di SMAN 11 Bandar Lampung. UNP PRESS. http://bit.ly/3YfQsD6

Husnan, L. E. (n.d.). Kata Kerja dalam Buku Muatan Lokal Bahasa Sasak. Retrieved February 5, 2023, from https://bit.ly/3DTbBL5

Mohzana, M., Hary Murcahyanto, H., & Linda Laili Harjuni, H. (n.d.). Development of Audio Visual Media Based on Macro Media Flash 8 on Dayang-Dayang Dance Learning.

Murcahyanto, H., Asmawi, M., & Madhakomala, M. (2019). Effect of democratic leadership style and organizational culture on lecturers’ performance. Proceedings of the First International Conference on Technology and Educational Science, ICSTES 2018, November 21-22 2018, Bali, Indonesia.

Murcahyanto, H., Mohzana, M., & Fahrurrozi, M. (2022). Work Experience and Achievement: Their Influence on Lecturers’ Career. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1219–1230.

Murcahyanto, H., Mohzana, M., & Harjuni, L. L. (2022). Media Interaktif berbasis Animasi pada Pembelajaran Tari. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 68–77.

Permendikbud 79 Tahun 2014 Muatan Lokal Kurikulum 2013, 53 Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1172 (2014). https://www.mendeley.com/catalogue/64904d64-3152-33ab-88d2-1ba55b8a486a/

Pratiwy, D., & Wulan, S. (2018). Multimodal Discourse Analysis in Dettol Tv Advertisement. KnE Social Sciences, 3(4). https://doi.org/10.18502/kss.v3i4.1932

Punaji, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Kencana PrenadaMedia Group.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. http://bit.ly/3lleez0

Supriyanta, A. (2021). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Era Otonomi Daerah menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2013 dalam Meningkatkan Life Skills Peserta Didik. Journal Justiciabele (JJ), 1(2). https://doi.org/10.35194/jj.v1i2.1267

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish. http://bit.ly/3HFdr36

Downloads

Published

2023-10-31