Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Pendekatan Klinis Terpadu Berbasis Teaching At Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar

Authors

  • harmain Harmain Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Ali
  • Baiq Rismarini Nursaly

Keywords:

Kata Kunci, Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan Klinis, TaRL, Membaca Permulaan, Sekolah Dasar

Abstract

Keterampilan membaca permulaan merupakan kunci dasar bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik di sekolah, terutama untuk siswa di kelas rendah, oleh karna itu diperlukan perhatian yang sungguh-sungguh dari guru untuk membelajarkan kemampuan ini. Dalam kenyataannya banyak sekali siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan, dimana kesulitan ini oleh guru diatasi dengan cara yang sama bagi semua siswa tanpa memperhatikan kesulitan, kebutuhan dan karakteristik siswa. Untuk mengatasi hal ini, penulis mengembangkan bahan ajar membaca permulaan dengan pendekatan klinis berbasis TaRL.

 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan prosedur (1) analis produk yang dikembangkan, (2) desain produk, (3) mengembangkan produk awal, (4) mengimplementasikan produk melalui uji coba, dan (5) evaluasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca permulaan dengan pendekatan klinis berbasis TaRL, mendeskripsikan dan menganalisa kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, dan mendeskripsikan dan menganalisa efektivitas bahan ajar yang dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji validasi oleh ahli bahan ajar yang digunakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar membaca permulaan di kelas rendah sekolah dasar, dengan validasi materi mendapatkan nilai 81% dengan kategori sangat layak, validasi bahasa mendapatkan nilai 90% dengan kategori sangat layak, dan ahli media mendapatkan 100% dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon siswa terhadap kemenarikan dan keterbacaan bahan ajar diperoleh nilai 92, 62 % dengan kategori sangat baik. Pada uji coba kelompok besar untuk mengetahui efektifitas bahan ajar yang dikembangkan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan uji t, dimana nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (16,528 > 2,11 dengan N= 33 dengan taraf signifikansi 5%, ini berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, A., Susilawati, M., & Ahenja. (2022). Program literasi terpadu. Bogor: Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuapa.

Ahmad Rivai, N. S. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi, N. A. W. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadi, S., & Misminarti, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Melalui Cerita Islami di MIN Beji Pasuruan. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 53–66. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i1.2164

Hainstock. (2002). Montessori Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Hamdi, M. M. (2019). Konsep Pembelajaran Guru Yang Bermutu. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 66–76. Diambil dari https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/168

Hamzah. (2013). Berbasis Sekolah. Studia Islamika (Vol. 10).

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan membaca permulaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Harmain. (2017). Laporan Program Beasiswa Study Singkat Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP Kerjasama Kementerian Pendidikan dan Australia Award Indonesia. Melbourne: Tidak di publikasikan.

Mukid, M., Magister, M. M.-J., & 2019, U. (2019). Efektifitas kualitas pelayanan pendidikan dan kompetensi guru terhadap proses belajar mengajar guru di SDN Lombang. journal.unigres.ac.id, 11(2), 64–88. Diambil dari http://journal.unigres.ac.id/index.php/JurnalMagister/article/view/1265/964

Mulyaningsih, Y. (2020). Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sd Dalam Menyusun Rpp (Clinical Supervision To Increase Elementary Teachers’ Competence in Developing Rpp). NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 521–534. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.755

Soleha, S., Enawar, R., Fadhillah, E., Dilla, & Sumiyani. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan. Kesulitan Membaca Permulaan (ke-1). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-10-31