Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membangun Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar

juhaeniah Juhaeniah, Muhammad Ali, Muhammad Halqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul P5 tema kewirausahaan sebagai upaya mengembangkan karakter Profil Pelajar Pancasila. Untuk mengetahui kevalidan modul P5 tema kewirausahaan dalam membangun karakter. Untuk mengetahui kepraktisan modul P5 tema kewirausahaan yang dikembangkan dalam membangun karakter kewirausahaan. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and depelovmen dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (analisist, design, development, implementation, and evaluate) instrument pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, pedoman wawancara, kuesioner, rubrik penilain profile pelajar Pancasila, dan validasi ahli. Hasil penelitian ini adalah produk berupa modul P5 tema kewirausahaan untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa pada fase B. Hasil validasi ahli materi 94,5% (sangat layak digunakan) dan ahli media 76% (sudah layak digunakan) dan ahli bahasa 89,8% (sangat layak) , sedangkan hasil uji coba sekala kecil menunjukkan bahwa produk sangat baik untuk digunakan dengan persentase 87,45.  Untuk nilai kepraktisan modul yang dikembangkan dari rubrik penilaian P5 diperoleh nilai 88,41 berada pada kategori mahir.

Kata Kunci: Modul, projek penguatan profiel pelajar Pancasil, karakter, kewirausahaan


Keywords


Kata Kunci: Modul, projek penguatan profiel pelajar Pancasil, karakter, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahlaro, S. R. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan English Speaking Skill Bagi Pebelajar Di Asrama Pendidikan Satu Atap Wasur Kabupaten Merauke: Vol. V (Issue 1).

Aini, K., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Strategi 5m Merdeka Belajar Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Ekonomi. Oikos: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan …. https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/5480

Andri Afriani. (n.d.). Pembelajaran Kontekstual (Kontextual Teach Leraning) Dan Pemahaman Konsep Siswa.

Anjarini, T. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi HOTS di Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 4).

Annisa Rohimah Hasri Hasibuan1, A. L. K. A. S. H. A., & Konseling, D. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis (Vol. 4).

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960

Arifin, S., Abidin, N., & Anshori, F. al. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. … : Jurnal Manajemen Dan …. https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/download/2394/1248

Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10636

Astriyani, A., & Fajriani, F. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Pythagoras Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90

Benny A. Pribadi, M. A. (2014). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihanberbasis Kompetensiimplementasi Model ADDIE.

Farida, S. I., Tajuddien, R., & Dumarya Manik, C. (2022a). Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Murid MTs. Baitis Salmah Ciputat dalam Menciptakan Generasi Sumber Daya Manusia yang Unggul. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(2), 91–105. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i2.84

Farida, S. I., Tajuddien, R., & Dumarya Manik, C. (2022b). Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Murid MTs. Baitis Salmah Ciputat dalam Menciptakan Generasi Sumber Daya Manusia yang Unggul. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(2), 91–105. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i2.84

Nana Syaodih Sukmadinata, dan. (n.d.). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal.

Wahyuni, W. R. (2022). Perencanaan Penerapan Modul Kegiatan P5 (Kewirausahaan), Pada Fase B Di Sdn Banjarejo 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3115

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian KEpada Masyarakat, 3(2).

Yunia Ningsih, F. (n.d.). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Karya Seni Lukisan Timbul “Edi Sutopo.”

Yusuf, R. (2022). Mengetahui Penyebab Profesional Manajer Proyek Dalam Kegiatan Proyek Konstruksi (Vol. 4, Issue 1).

Zakky. (2020). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Www.Zonareferensi.Com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.