Orientasi Pembelajaran Sosiologi Dalam Optimalisasi Berfikir Kritis Siswa (Analisis Di MA Darul Hasanah Kuripan Lombok Barat)

Abdul Majid, Abdullah Muzakar, Badaruddin Badaruddin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang orientasi pembelajaran sosiologi dalam optimalisasi berfikir kritis siswa di MA Darul Hasanah Kuripan Lombok Barat, peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah, diantaranya; (1) bagaimana orientasi pembelajaran sosiologi dalam optimalisasi berfikir kritis siswa di MA Darul Hasanah Kuripan Lombok Barat? dan (2) apa faktor penunjang dan penghambat orientasi pembelajaran sosiologi dalam optimalisasi berfikir kritis siswa di MA Darul Hasanah Kuripan Lombok Barat? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yakni; wawancara, observasi dan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Dari hasil penelitian mengenai orientasi pembelajaran sosiologi dalam optimalisasi berfikir kritis siswa di MA Darul Hasanah Kuripan Lombok Barat didapatkan bahwa (1) Optimalisasi berfikir kritis siswa pada pembelajaran sosiologi di MA Darul Hasanah Kuripan ditekankan pada tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan bentuk penguatan-penguatan, yaitu metode atau teknik mengajar guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik tidak jenuh dalam kegiatan pembelajaran, guru mengaitkan materi yang terdapat dalam kurikulum dengan kondisi lingkungan atau sesuai dengan dunia nyata, dan mengoptimalkan pembelajaran juga terlihat dari bantuan dorongan/motivasi dan memberikan bimbingan belajar agar siswa mampu berpikir kritis, dan (2) Faktor penunjang orientasi pembelajaran sosiologi dalam optimalisasi berfikir kritis siswa di MA Darul Hasanah Kuripan Lombok Barat, yakni adanya kinerja pembelajaran guru yang baik, peran aktif kepala madrasah dan guru lainnya, adanya interaksi yang baik antara guru dengan guru, guru dengan masyarakat, dan guru dengan santri, dan proses pembelajaran yang berkualitas, dukungan dari Yayasan dan lembaga lainnya, Orang tua santri turut mendukung dalam peraturan yang dijalankan, dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan, faktor penghambatnya terdiri atas dua hal, yakni faktor penghambat internal seperti Pola perilaku siswa yang terkadang sulit diatur, sarana dan prasarana yang tidak terjaga, kurangnya pendanaan, adanya kebijakan yang madrasah dan Yayasan yang terkadang belum sinkron, dan faktor eksternal seperti Kurangnya minat masyarakat mendukung program pembelajaran, masyarakat kurang memahami program madrasah, dan kurangnya sarana penunjang.


Keywords


Kata Kunci: Pembelajaran Sosiologi dan Berfikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Yusnedi, Sosiologi Politik. 2019.

Amruddin, dkk, Antropologi dan Sosiologi Kesehatan. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Asnawi, dkk, Konsep Dasar IPS. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Creswell, John W., Educational Research, Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative, Terj. Helly Pajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Mudrikah, Saringatun, ‎dkk, Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi. Jakarta: Pradina Pustaka, 2021.

Mudyahardjo, Redja, Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Persada, 2012.

Muharto dan Arisandi Ambarita, Metodologi Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016.

Nahadi, dkk, Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Kimia; Model Tes dan Pengembangannya. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2021.

Ni’matuz Zuhroh, Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS. Jakarta: Guepedia, 2021.

Nurhasanah dan ‎Richardus Eko Indrajit, Parenting 4.0: Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi Ofset, 2021.

Nurjaman, Asep, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “Assure”. Indramayu: Penerbit Adab, 2020.

Prihatmojo, Agung, ‎dkk, Pengantar Landasan Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2022.

Purba, Pratiwi Bernadetta, dkk, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Putro, Setiadi Cahyono, dan ‎Ahmad Mursyidun Nidhom, Perencanaan Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Book, 2021.

Ramadhani, Rahmi, dkk, Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Restian, Arina, Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi. Malang: UMMPress, 2020.

Rosmala, Amelia dan Isrok'atun, Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Saleh, Choirul, dkk, Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Aparatur. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2013.

Santosa, Agus, dan Retno Kuning Dewi Pusparatri, Sosiologi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Ulfa, Andi Yurni, dan Firman, Psikologi Pendidikan. Gowa: Penerbit Aksara Timur, 2020.

Wiyono, Hadi, dkk, Kiat Sukses PTK Langkah-langkah, Instrumen dan Contoh. Jakarta: Penerbit Lakeisha, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.