Pengelolaan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Generasi Tahfidzul Qur’an

Authors

  • Mohammad Ali Universitas Hamzanwadi
  • Khirjan Nahdi
  • MUhammad Juaini

Keywords:

Kata Kunci, Pengelolaan, Pondok Pesantren, dan Tahfidzul Qur’an

Abstract

Pengelolaan pondok pesantren Baitul Qurro’ Wal Huffazh di Kerongkong Kecamatan Suralaga Lombok Timur, agar dapat bertahan dari banyaknya penerapan program Pondok pesantren yang bermunculan di Kabupaten Lombok Timur pada Khususnya dan pada umumnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan program Pondok Pesantren, mengetahui kendala, dan menemukan strategi pelaksanaan program Pondok Pesantren.

 Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala kepala lembaga formal dan non formal, dan Ustadz/Ustadzah. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Pengelolaan program Pondok Pesantren dalam membentuk generasi Tahfidzul Qur’an meliputi kegiatan perencanaan dengan menganalisis kebutuhan program, penetapan tujuan, penanggungjawab, waktu, tempat, dan biaya. Pelaksanaan dilakukan dengan pembagian kelas intensif dan reguler. Pengawasan oleh musyrif/ah dengan mengawasi kegiatan program. Evaluasi dilakukan melalui perkembangan jumlah hafalan santri dan kuantitas guru tahfidz. (2) Kendala yang terjadi tidak begitu signifikan terhadap pengelolaan Pondok Pesantren khususnya dalam membentuk generasi Tahfidzul Qur’an sehingga dapat dikendalikan dengan penerapan strategi. (3) Strategi yang digunakan yaitu dengan penguatan pendanaan, memperbaiki manajemen tahfidz, mengaktifkan peran guru pembimbing, memperkuat pengawasan santri, dan penguatan peran orang tua. Penerapan fungsi manajemen terhadap pengelolaan program tahfidz jika dilakukan dengan baik maka keberhasilan pencapaian jumlah hafidz-hafidzah meningkat setiap tahunnya.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130–141.

Alfurqan, A. (2020). Revitalisasi khazanah surau dalam perspektif pendidikan Islam modern. Deepublish.

Anwar, C. (2018). Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 17(2), 168–185.

Athoillah, M. A., & Wulan, E. R. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2, 25–36.

Harahap, D. (2021). Peran Ulama Timur Tengah Tengah Tehadap Nusantara Abad XVII dan VXIII Akar Pembaharuan Pemikiran Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 3(1), 157–172.

Haryani, L. D., & Sholeh, M. A. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 47–52.

Irmanto, A., & Ridwan, M. (2021). Analisis Tentang Pentingnya Rencana Strategis Organisasi. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 1(1).

Joko, S. (2004). Metode Penelitian dalam teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Khoir, A., Mawarzi, M., & Fadil, M. (2018). Eksistensi Pondok Pesantren Salafiah Sa’adatuddaren Di Era Modernisasi Pendidikan. Tesis: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Leifer, R., & Mills, P. K. (2013). An information processing approach for deciding upon control strategies and reducing control loss in emerging organizations. Journal of Management, 22(1), 113–137.

Manshur, A. (2019). Peran Pesantren Berbentuk Wirausaha Dengan Membentuk Sikap Entrepreneurship Santri Kasus Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jogoloyo

Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan islam (studi kasus pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51.

Mesiono, M., & Aziz, M. (2020). Manajemen dalam Persfektif Ayat Ayat Alquran. Medan: Perdana Publishing.

Moleong, L. J. (2010). Metologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Downloads

Published

2023-10-31