Aktualisasi Pembelajaran IPS Melalui Seni Hadroh Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MA Fathul Akbar NW Tempos

Authors

  • Saiful Ilham Sari Universitas Hamzanwadi
  • Musifuddin Musifuddin
  • Armin Subhani

Keywords:

Kata Kunci, Aktualisasi Pembelajaran dan Pembentukan Karakter.

Abstract

penelitian ini membahas tentang aktualisasi pembelajaran IPS melalui seni hadroh dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Fathul Akbar NW Tempos Lombok Barat, peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah, diantaranya; (1) apa saja nilai-nilai karakter yang dibentuk dalam seni hadroh di MA Fathul Akbar NW Tempos Lombok Barat? dan (2) bagaimana aktualisasi pembelajaran IPS melalui seni hadroh dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Fathul Akbar NW Tempos Lombok Barat? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yakni; wawancara, observasi dan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Dari hasil penelitian mengenai aktualisasi pembelajaran IPS melalui seni hadroh dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Fathul Akbar NW Tempos Lombok Barat didapatkan bahwa (1) di dalam kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh terdapat nilai-nilai karakter yang dibentuk, yaitu akidah, ibadah dan akhlak. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh akidah anggota seni hadroh semakin bertambah, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya rasa cinta terhadap Nabi Muhammad ﷺ dan menjadikannya sebagai teladan akhlak yang baik untuk di teladani, hal ini melalui lagu-lagu Islami yang dibawakan yang maknanya mengandung rasa cinta kepadanya. Setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh anggota seni hadroh semakin meningkat ibadahnya, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh anggota mulai baik akhlaknya, hal ini dapat dilihat dari kegemaran siswa yang ringan tangan dalam menolong, bertutur kata dan berperilaku terhadap orang tua maupun guru, (2) dan aktualisasi pembelajaran IPS melalui seni hadroh dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Fathul Akbar NW Tempos Lombok Barat, yaitu nilai akidah, ibadah dan akhlak melalui metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode ceramah. Metode keteladanan yang diberikan pelatih yakni menjadikan diri  pelatih  sebagai  contoh  yang  baik  bagi  para  anggota  seni hadroh.  Untuk metode pembiasaan yang diberikan pelatih kepada anggota yakni anggota seni hadroh membiasakan diri untuk mengerjakan amalan-amalan ibadah yang telah dicontohkan oleh pelatih dalam kehidupan sehari-hari. Metode ceramah yakni pelatih memberikan nasehat-nasehat kepada anggota seni hadroh di awal, di tengah, maupun di akhir pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Amin, Tamjidillah HM, Membentuk Karakter melalui Pendidika Ekstrakurikuler, Mataram: CV. Elhikam Press Lombok, 2018.

Andriyana daa Muhammad Idris, Aktualisasi Pembelajaran Real Learning dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. EDUEKSOS: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi Vol.11 No.1, (Juni 2022).

Aqib, Zainal, Pendidikan Karakter di Sekolah “Membangun Karakter dan Kepribadian Anak”. Jakarta: CV. Yrama Widya, 2012.

Asrohah, Hanun, dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter: Model Pilihan Rasional dalam Mewujudkan Perilaku Kolektif di Kelas, Yogyakarta: Interpena, 2012.

Bouvier, H, Lebur: Seni Musik Dan Pertunjukan dalam Masyarakat Madura (Vol. 14). Yayasan Obor Indonesia, 2002.

Budiharjo, Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa), Yogyakarta: Samudra Biru, 2015.

Fauziah, Foggy, Alat Musik dari Berbagai Negara di Dunia. Jakarta Timur: CV. Ghina Walafafa, 2010.

Hambali, Muh, dan Eva Yulianti, Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit, Jurnal Pedagogik, (Vol. 05, No.02, 2018).

Idris, Taufiq H.,”Mengenal Kebudayaan Islam”. Surabaya: PT Bina Ilmu, 1983.

Kementerian Pendidikan Nasional, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas, 2011.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Pendidikan Karakter melalui Satuan Pendidikan Nonformal, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama, 2011.

Komara, Endang, Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Mahamboro, A, Metode Pembelajaran Hadrah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Pend. Seni Musik S1, 5 (1), 2016.

Meilia, Tri Winda Nur, Pengembangan Karakter Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Musik Hadrah Di MA Kare Madiun. Tesis, IAIN Ponorogo, 2021

Muthohar, Ahmad, Laporan Penelitian: Model pengembangan Pendidikan Karakter (Studi pada SMP di Kota Samarinda), Samarinda: IAIN Samarinda, 2015.

Nasr, Seyyed Hussein, Spiritualitas dan Seni Islam. Bandung: Mizan, 1987.

Nasrullah, “Pembentukan Karakter Siswa melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Salam 18, Nomor 1, (Juni 2015).

Rosidatun, Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication, 2018.

Sagala, Syaiful, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sarbaini, dkk, Membangun Karakter Kemanusiaan, Membentuk Kepribadian Bangsa Melalui Pendidikan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Sarnoto, Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MA Ma’arif Al-Islah Kalisat Bungkal Ponorogo. Tesis, IAIN Ponorogo, 2021

Sinaga, S. S, Fungsi dan Ciri Khas Kesenian Rebana di Pantura Jawa Tengah (Function and Characteristic of Rebana in the Beach Region of Central Java). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 7 (3), 2006.

Soeharso dan Ana Retnoningsih, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Semarang: Grand Press, 2007.

Suhartini, Siti, Peran Ekstrakurikuler Musik dalam Mengembangkan Minat Bakat dan Kreativitas Siswa di MAN 2 Ponorogo. Tesis, IAIN Ponorogo, 2021.

Supinah dan Ismu Tri Parmi, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Matematika di SD, Jakarta: Kemdiknas, 2011.

Sutikno, M. Sobry, Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul (Tinjauan Umum dan Islam). Lombok: Holistica, 2012.

Syahrul, Suhandang. Strategi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utama, Tegar, Ensiklopedia Alat Musik Tradisional, Bandung: CV. Angkasa, 2014.

Wahyu, dkk, “Penerapan Nilai Keagamaan Melalui Seni Hadrah Maullatan Al-Habsyi di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat,” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9 (Mei, 2015).

Downloads

Published

2023-10-31