Pengaruh Media Gambar Dan Motisvasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tk Negeri 02 Ter

Syaufi Hidayati, Badaruddin Badaruddin, Marhamah Marhamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media gambar dan yang dibelajarkan tanpa menggunakan media gambar, Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara menggunakan media gambar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di TK Negeri 02 Terara. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar anatara siswa yang dibelajarkan menggunakan media gambar dengan yang dibelajarkan tanpa menggunakan media gambar pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi.. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajrakan menggunakan media gambar dengan yang dibelajarkan tanpa menggunakan media gambar pada siswa yang memiliki motivasi rendah. jenis penelitian eksperimen, Bentuk desain dari eksperimen yang digunakan adalah Eksperimen semu (quasy experiment. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri 02 Terara Kecamatan Terara pada semester ganjil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Data hasil belajar siswa dan observasi. Teknik Analisis data hasil penelitian dilakukan menggunakan dengan tahapan-tahapan yaitu Uji Persyaratan Analisis (Uji Normalitas, Uji Homogenitas Varian), dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil hipotesis, terdapat perbedaan antarapenggunaan media gambar dan pemberian motivasi belajar berdasarkan Fh (K) = 6,20 > 4,15. sedangkan hasil hipotesis Fh (interaksi) = 6,20 > 4,15 terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan bantuan media gambar dan pemberian motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dan siswa berprestasi tinggi dan rendah dengan tidak ada perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil hipotesis, Fh(b) = 2,59 < 4 xss = penolakan > 3,32.

 


Keywords


Kata Kunci: Pengaruh Media Gambar, Motisvasi Belajar, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anitah, Sri Dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Embun, dan Astuti. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Bumi dan Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang”. Vol 1 Januari 2015.

Fitriani, A. (2019). Pengaruh media gambar terhadap minat baca anak usia dini di tk insan cemerlang manuruki makassar. Digilibadmin. Unismuh. Ac. Id.

Ganie, Tahudin Noor. 2015. Buku Induk Bahasa Indonesia Pantun, Puisi, Syair, Peribahasa, Gurindam dan Majas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Handayani, Sri. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Malangga Selatan Tolotoli. Malangga Selatan Tolotoli: Universitas Tadulaka. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 11 Issn 2354-614x.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Indria, A. (2019). Gagasan Dan Pemikiran Zakiyah Daradjat Dalam Pendidikan Islam. Ruhama: Islamic Education Journal, 2(2).

Kurnia, R. (2017). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 6(2), 91-99.

Lauroza, S. P., & Hartati, S. (2019). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan bercerita anak di TK Islam Daud Kholifahtulloh Tabing Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1).

Millah, Dliyaul. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Barongan Kudus. Kudus: Elementary. Vol. 5/ No. 2.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI

Sholihah, A. M. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Video Dalam Pencapaian Tujuan Intruksional Pendidikan Agama Islam Di Smp Islam Terpadu Madani Berau (Doctoral dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.