Pengaruh Penerapan Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN 1 Suela

Authors

  • Apna Tirapani Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi
  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Pendekatan Whole Language, Keterampilan Menulis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest dimana terdapat desain ini membandingkan nilai sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 24 orang 8 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis siswa dengan menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa pada keterampilan menulis terdapat nilai  5,589 dengan  1,711. Maka dapat disimpulkan jika  >  yang artinya adanya pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis siswa. maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020.

Author Biography

Yul Alfian Hadi, Universitas Hamzanwadi

References

Asih, (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Teori dan Konsep Dasar. CV Pustaka Setia

Dalman, (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyasana. D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan Guntur Henry, (2010). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Penerbit Angkasa

Downloads

Published

2020-10-27