Pengaruh Penerapan Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN 1 Suela
Keywords:
Pendekatan Whole Language, Keterampilan Menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest dimana terdapat desain ini membandingkan nilai sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 24 orang 8 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis siswa dengan menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa pada keterampilan menulis terdapat nilai 5,589 dengan 1,711. Maka dapat disimpulkan jika > yang artinya adanya pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis siswa. maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020.References
Asih, (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Teori dan Konsep Dasar. CV Pustaka Setia
Dalman, (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mulyasana. D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan Guntur Henry, (2010). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Penerbit Angkasa