Penerapan Metode Question Student Have (QSH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPkn Peserta Didik Kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

Samiun Samiun

Abstract


Hasil belajar PPKn siswa Kelas X MIPA-2 SMAN 1 Praya Tengah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi ini dapat terlihat dari masih banyaknya siswa yang belum memenuhi KKM pada mata pelajaran PPKn yaitu 75. Masalah ini terjadi karena kurangnya partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan hal-hal yang belum dimengerti. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melakukan upaya perbaikan menggunakan metode Question Student Have (QSH).  Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode QSH untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa Kelas X MIPA-2 SMAN 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA-2 SMAN 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 81,14 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,27%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,07 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode QS) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa Kelas X MIPA-2  SMAN 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

Keywords


Question Student Have (QSH), Hasil Belajar PPKn.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihartoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anonim. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., dan Khotimah, K. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Rosda.

Mulyasa, Enco. 2012. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press.

Nurkancana, W., dan Sunartana, PPN. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Silberman, M. L. 2014. Active Learning: 101 Cara Siswa Belajar Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. 2014. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar.

Vianata, H. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesia Journal of History Education 1 (1) (2012). ISSN 2252-6641. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/download/243/273(diunduh tanggal 17 Desember 2015)

Wardani, IGAK 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Universitas Terbuka.

Wardani, IGAK 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, H., Munthe, B., dan Aryani, S. A. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.