Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Masa Covid-19 Pada Siswa Kelas IX C SMPN 6 Masbagik
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan ScientificAbstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan scientific masa covid-19 pada siswa kelas IX C SMPN 6 Masbagik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas menurut Sutama (2010: 15-21) merupakan upaya untuk memperbaiki praktik pembelajaran agar menjadi efektif. Oleh karena itu peneliti memilih penelitian tindakan kelas dengan alasan bahwa melalui pendekatan scientific pada pembelajaran matematika dalam siklus penelitian pada akhirnya dapat mencapai tujuan yang direncanakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 6 MASBAGIK kecamatan Masbagik, kabupaten Lombok Timur. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX-C SMPN 6 MASBAGIK kecamatan Masbagik kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 siswa dan terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan pendekatan Scientific dapat meningkatkan prestasi hasil belajar pada siswa kelas IXC semester ganjil di SMPN 6 MASBAGIK Tahun Pelajaran 2021//2022 Pendekatan Scientific dapat meningkatkan aktivitas belajar para siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran MATEMATIKA materi pangkat dan Bentuk Akar pada siswa kelas IXC semester ganjil SMPN 6 MASBAGIK Tahun Pelajaran 2021/2022.References
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendekia
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Djaali. 2008. Pengukuran dalm Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo Dimyati,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnawati 2019. Aetikel Peneletian oleh Hasnawati 2019 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas III Sekolah Dasar Negeri 004 Cendirejo Kecamatan Pasir Penyu.urnal PAJAR (PendidikandanPengajaran)
Volume 3 Nomor 1 Januari 2019 | ISSN Cetak: 2580 - 8435 | ISSN Online: 2614 - 1337
Husamah, dkk, 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang. Universitas Muhamadiyah Malang.
Munasaroh, 2018. http:www.kompasiana.com/munasaroh//metode-pembelajaran- picture-andpicture-dan-prakteknya-dalam-pembelajaran-kurtilas.
Diunduh tangga; 20-10-2019.
Kerlinger, Fred N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Rijal. 2019. Karakteristik Pembelajaran MATEMATIKA Di SMP. https://www.rijal09.com/2016/03/karakteristik-pembelajaran-bahasa.html. Diunduh 19-10-2019.
Purwanto, M Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sadiman, Arief S. (dkk). 2010. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.
Suharsimi Arikunto,2008. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.
Rineka Karya.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful B, Djamarah dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Husmah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Universitas Muhamadiyah Malang
Azhar,A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Aqib, Zainal, 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit
Insan Cendekia
Oemar, H. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sadiman, Arief S, dkk.. 2011. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
https://www.kompasiana.com/munasaroh//metode-pembelajaran-picture-and- picture-dan-prakteknya-dalam-pembelajaran-kurtilas. Diunduh tgl 20-08- 2021.