Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS) siswa kelas VI SDN 4 Sakra Pada Masa Covid -19
Keywords:
Hasil belajar, kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan Hasil belajar siswa pelajaran IPS dengan menerapkan “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jegsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VI SDN 4 Sakra Pada Masa Covid -19 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021 – 2022.” Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 65%. Ketuntasan Klasikal 69% diperoleh pada siklus I, dapat meningkat pada siklus II menjadi 92 %. Dari segi aktivitas siswa juga ada peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh kategori cukup aktif meningkat menjadi kategori aktif Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jegsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS dengan ketuntasan mencapai 92%.
References
Arifin, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring dengan Variasi Model Jigsaw di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Dasar (SD) Negeri Genteng 2 Bangkalan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2), 201-215.
Edriati, S., Anggraini, V., & Siska, M. (2015). Efektivitas Model Jigsaw Disertai Penilaian Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).
Harni, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 7(2), 108-114.
Hertiavi, M. D., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6(1).
Indah, A. S. (2013). Peningkatan Pembelajaran Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Model Jigsaw. Journal of Elementary Education, 2(2).
Jarre, A. R., & Bachtiar, S. (2017). Aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa meningkat melalui penerapan model jigsaw. Jurnal Biologi & Pembelajarannya, 4(1), 26-33.
Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529-2539.
Rejeki, N. E. S. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii G Semester 2 Smp Negeri 2 Toroh Grobogan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 3(2).
Susilo, F., Sunarno, W., & Suparmi, S. (2016). Pembelajaran fisika menggunakan model Jigsaw dan GI (Group Investigation) ditinjau dari kreativitas dan sikap ilmiah belajar siswa. Inkuiri, 5(3), 40-48.