PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Penelitian, Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, TematikAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi tematik kelas V SDN Anggaraksa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan 7 tahap pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 2 Anggaraksa yang terdiri dari kelas Va untuk uji coba skala besar dengan jumlah siswa 20 siswa dan kelas Vb untuk uji coba skala kecil dengan jumlah 10 siswa. Penilaian produk dilihat dari segi materi, tampilan, dan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Angket respon siswa secara keseluruhan pada uji coba skala besar diperoleh skor 920, rerata skor ideal 46 dan simpangan baku 0,71 kategori “setuju” dengan rentang skor 46. Sedangkan angket respon siswa keseluruhan pada uji coba skala kecil diperoleh skor 469, rerata skor ideal 46,9 dan simpangan baku 0,45 kategori “setuju” dengan rentang skor 46,9. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 85% untuk uji coba skala besar dan uji coba skala kecil mencapai ketuntasan 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi tematik kelas V SDN 2 Anggaraksa layak digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD).
References
Adihiesta, Kurnia Fikri. (2016). Pengembangan Multimedia IPA berbasis Flash untuk meningkatkan Literasi Sains siswa SMP.
Amir, Hamzah. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi
Andi, Ibrahim. Asrul, Hak. Baharudin. Madi. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Guna Darma llmu.
Ani, Cahyadi. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasih: Penerbit Laksita Indonesia.
Asis, Saefuddin. (2015). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Azhar, Asyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Albartus, Nur Cahaya Nugraha. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII.
Djemari, Mardapi. (2008). Teknik Pennyusunan Intrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mintra Cendikia Offset
Ega, Rima Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena
Eko, Putro WOdoyoko. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hamdan, Hesein Batubara. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing
I, Kadek Suartama. (2016). Produksi Media Sederhana. Bali: DIPA FIP Undhiksa
I, Made Parsa. (2017). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Kupang: CV Rasi Terbit
Irjus, Indrawan. Hadion, Wijoyo. Edi, Wardani. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jawa Tengah: Penerbit CV Pena Persada
Muhammad, Fathurrohman. Sulitryorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Succes Offset
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Wahyu, Iskandar. Nura, Azkia. Himmatul, Hasanah. (2019). Konsep Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Penerbit K-Media
Wandah, Wibanto. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif
Widodo, Dwi Riyanto (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika kelas III di SD Muhammadiyah 1 Ngawi”