Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Benda-Benda Manipulatif Melalui Pendekatan Realistik Di Kelas II SDN 1 Gereneng Timur Kecamatan Sakra Timur
Keywords:
Konsep Perkalian, Benda-Benda Manipulatif, Pendekatan RealistikAbstract
Meningkatkan Hasil Belajar merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mata pelajaran Matematika pada materi perkalian dengan benda-benda manipulatif dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama bagaimana siswa mampu melakukan gerakan praktik seperti yang sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh guru. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk kegiatan belajar siswa tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kemampuan dan ketrampilan membaca pada siswa kelas II SDN 1 Gereneng Timur melalui metode Proyek Penugasan, dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 64,09%, dapat meningkat menjadi 75,45% pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui metode Proyek Penugasan bagi Siswa yang kurang mampu membaca dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan ketuntasan mencapai 75,45% pada Siklus II
References
Badan Standar Nasional Pendidikan (2006) Standar Isi Pelajaran Matematika Kelas II SD
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1994) Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SD Kelas II Mata Pelajaran Matematika Jakarta. Pendidikan Dasar dan Menengah.
Eitrani Dwina dan Yerizon (2006) Pembelajaran Alat Manipulatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (FMIPA) Universitas Negeri Padang Jurnal Pendidikan Bandung
Kurniati,E. (2004).” Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Asli Melalui Manipulatif Benda Kongret di Kelas II SD. Makalah tidak diterbitkan
.Kania Fitri (2006).” Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas II SDN Sukajadi IX Bandung Skipsi. Bandung tidak diterbitkan.
Ruseffendi, E.T.(1988).Pengantar Kepada Membantu Guru dalam Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Suherman, E. dan Winata Putra, U. (1992) Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Sudjana, N (1999). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sundari S.S (2005).” Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Pasir Jengkol III Kecamatan Majalaya Kabupaten Kkarawang. Skipsi. Bandung : tidak diterbitkan.
Tim MKPBM (2001) Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung JICA
Turmudi, (2001) Laporan Hasil Penelitian Mandiri Impllementasi awal Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 2 Bandung: tidak diterbitkan
Wardhani,IGAK (2007) Penelitian Tndakan Kelas, Jakarta Universitas Pendidikan Indonesia.
www.depdiknas.go.id . Matematika Realistik Apa dan Bagaimana I Gusti Putu Suharta 2007