PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUA AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MUALIMAT NW PANCOR
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v8i1.1Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh pengasuhan orang tua authoritative terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Mu’alimat NW Pancor. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif, karena data-data penelitian ini berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik. Berdasarkan keadaan objek penelitian ini yaitu gejala yang diteliti telah ada secara wajar di lapangan. Oleh karena itu penelitian ini termasuk jenis penelitian “ex post factoâ€. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII siswa MTs Mu’alimat NW Pancor. Ada tiga metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh pengasuhan orang tua authoritative terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Mu’alimat NW Pancor dengan rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka kesimpulan penelitian ini, yaitu ada pengaruh pengasuhan orang tua authoritative terhadap kemandirian belajar siswa Kelas VIII MTs Mualimat NW Pancor, hal ini dbuktikan dari hasil analisis regresi sederhana, dimana F hitung lebih besar dari F tabel atau 5.50 > 4.12.Downloads
Published
2013-06-03
How to Cite
Triyanto, M., & Badarudin, B. (2013). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUA AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MUALIMAT NW PANCOR. Educatio, 8(1), 1–21. https://doi.org/10.29408/edc.v8i1.1
Issue
Section
Artikel