PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOGRAFI DESA-KOTA MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

Hasrul Hasdi, Sri Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan buku ajar Geografi Desa-Kota serta mengetahui tingkat kelayakannya menggunakan model ADDIE. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di STKIP Hamzanwadi Selong selama 5 bulan mulai bulan November 2015 sampai Maret 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Program Studi Pendidikan Geografi seluruh angkatan (2011, 2012, 2013 dan 2014) yang berjumlah 205 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan melihat syarat-syarat sebagai berikut; 1) Seluruh mahasiswa tersebut telah menempuh matakuliah Geografi Desa Kota; 2) mahasiswa diampu oleh dosen yang sama. Berdasarkan syarat-syarat tersebut maka kelas uji coba produk adalah semester 5 sebanyak 29 orang. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan langkah-langkah pengembangan model ADDIE: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik analisis data untuk menganalisis kelayakan buku ajar Geografi Desa-Kota adalah dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil analisis data dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan angka persentase sebesar 68,56 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan Buku Ajar Geografi Desa-Kota yang dikembangkan berada dalam kategori layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Model ADDIE


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edc.v11i1.269

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Educatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats