PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DISPLAY MODEL FLIPCHART PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Sururuddin STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v11i1.274

Abstract

This research was aimed at describing how to develop learning material, finding out the result of developing the learning material, and finding out the effect of the developed display model flipchart learning material on the learning achievement of the fifth graders of the elementary shcool. This research was a research and development adapting Borg and Gall model consisted of five simplified steps. The research was conducted at SDN 1 Kelayu North by taking 20 students as sample. The data were collected through validation sheet, test, and questionnaire. The data were analyzed through five scale descriptively. The result of the analysis showed that the score gained from the first and the second validators were 3,81 and 3,93 which were in valid category. 85% students were in good category. 85% students gave positive response to the developed material. In addition, the data analysis showed that there was effect of learning material display model flipchart on the students learning achievenment of science subject matter.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar, mengetahui hasil pengembangan bahan ajar dan pengaruh penggunaan bahan ajar display model flipchart terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadopsi model Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahapan yang sudah disederhanakan. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kelayu Utara dengan melibatkan 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes hasil belajar dan angket respon siswa sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif skala lima. Pada penelitian ini didapatkan hasil validasi oleh validator pertama adalah 3,81 dengan kategori valid, hasil validasi oleh validator kedua adalah 3,93 dengan kategori valid, hasil persentase ketuntasan siswa 85% pada postes dengan kategori baik, dan persentase respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan 85,42%  dengan kategori sangat merespon. Selanjutnya thitung untuk mengetahui pengaruh bahan ajar display model flipchart terhadap hasil belajar IPA siswa. Diperoleh hasil thitung 5,671 kemudian dibandingkan dengan hasil ttabel dengan taraf signifikan 5%, yaitu 1,729. Berdasarkan hasil perbandingan nilai thitung dengan ttabel diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka bahan ajar display model flipchart sebagai produk hasil pengembangan dikatakan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.

 

Keywords:Development, Display Model Flipchart, Learning Achievement

Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar Display Model flipchart, Prestasi Belajar

Published

2016-06-28

Issue

Section

Artikel