PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MI NW KELAYU JORONG

Muhammad Deni Siregar, Dukha Yunitasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan krativitas belajar siswa karena pembelajaran inkuri sangat tepat dalam memberikan bantuan berupa motivasi belajar bagi siswa. Metode yang dipakaai dalam pengambilan data adalah observasi dan penyebaran angket tentang kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan antara kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian melalui uji tes. Setelah melakukan proses strategi inkuiri serta mengadakan analisis data, maka ditemukan beberapa hal di antaranya: 1. Nilai Thitung > Ttabel, hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat positif antara penerapan strategi inkuiri terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa MI NW Kelayu Jorong; 2. Berdasarkan hasil observasi, siswa sangat aktif dalam belajar, dimana mereka tak malu-malu mengajukan pertanyaan dan memberikan respons pada sesama teman tentang proses belajar IPS; 3. Inkuiri terasa menyenangkan dan tidak membuat kaku siswa dalam proses belajar; dan 4. Para guru di MI NW Kelayu Jorong sangat merespons penerapan inkuiri dalam semua bidang studi yang diajarkan.

 

Kata kunci:  strategi inkuiri, kreativitas, belajar IPS.


Keywords


strategi inkuiri, kreativitas, belajar IPS

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2002. Pembelajaran Kontestual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Oemar Hamalik. 2010. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Ridwan, 2008. Penanganan efektif bimbingan dan konseling di sekolah. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Suharsimi Arikunto. (2006).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiono. (2011).Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI. Nomor 20 tahun 2003, tentang Sitem Pendidikan Nasional

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Penbelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edc.v12i1.841

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Educatio is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats