Pendidikan Agama Sebagai Branding di Media Sosial

Authors

  • Arif Al Anang Universitas Gadjah Mada
  • Ahmad Husein Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Abdul Rasyad Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v6i2.3273

Keywords:

Pendidikan, Branding, Media Sosial, Program Tahfizh

Abstract

Pendidikan agama adalah salah satu kebutuhan spiritual masyarakat. Di era kemajuan teknologi dan sains yang begitu pesat. Pendidikan agama tidak bisa ditinggalkan masyarakat karena dengan agama masyarakat akan menjadi bermoral dalam hidup. Kemajuan suatu bangsa dan Negara dilihat dari sistem pendidikan, kemajuan pendidikan barat sudah sangat jauh meninggalkan pendidikan keagamaan di Indonesia, para modernis membuat suatu pendidikan model baru mendapat sambutan positif. Modernisasi pendidikan Islam menjadi Branding di tengah kalangan masyarakat Indonesia, Branding yang ditawarkan adalah program unggulan seperti tahfizh al-Qur’an yang dipromosikan di media sosial (faceebook).

References

Al Anang, A. (2019). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 3(2), 98-108.

Erwanto, E. (2019). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1).

Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan Tahfizh Al-Quran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 325-348.

Hariyati, Farida, and Dini Wahdiyati. (2019.) "Penguatan Dakwah Virtual sebagai Upaya Memakmurkan Masjid Berbasis kegiatan Remaja Masjid." Jurnal Solma 8(2), 239-247.

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63-81.

Isa, Abdul Qodir. (2005). Hakekat Tasawuf, Penerjemah Khairul Harahap dan Afrizal Lubis, Jakarta: Qisthi Press.

Khusniyah, Anisa Ida. (2014). Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Muraja’ah Studi Kasus Di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung, Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah IAIN Tulungagung.

Lukmana, Lukmana (2019) Strategi Pengelolaan Media Sosial dalam Pengembangan Dakwah di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari.

Multazam, Ahmad. 2013. Pendekatan Sejarah dalam Memahami Agama. https://multazam-einstein.blogspot.co.id/2013/12/pendekatan-sejarah-dalam-memahami-agama.html. Diakses tanggal 6 November 2020.

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79-87.

Sakho, Muhammad Ahsin. t.t. Kiat-Kiat Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Badan Koordinasi TKQTPQ-TQA.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, S. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sma-It Darul Hikam Bandung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 12(1).

Suyatno, 2013. Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam 2(2), 355-377.

Wahyuni, (2018). Agama & pembentukan Struktur Sosial Pertautan Agama, Budaya, dan Tradisi Sosial, Jakarta: Prendamedia.

Zeid, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2020-06-30