Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN JURNAL HUMANITAS
  1. Jurnal Humanitas adalah jurnal akademik yang terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis bidang pendidikan dan ilmu sosial (sejarah, sosiologi, ekonomi, dan geografi). Penerbitan Jurnal Humanitas bertujuan untuk menfasilitasi interaksi, diskusi, advokasi, dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan pendidikan dan ilmu sosial dari berbagai daerah di Indonesia.
  2. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian maupun analisa kritis. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format MS. WORD sesuai dengan template yang disediakan. Naskah dikirim sesuai dengan template dengan login di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jhm.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Time New Roman font 12. Panjang naskah sekitar minimal 15 halaman dan diketik 1,5 spasi. Setting halaman adalah 1 kolom dengan ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 2,5 cm.
  4. Sistematika penulisan artikel yaitu; judul, nama penulis (asal instansi dan email), abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilengkapi kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, pembahasan, kesimpulan dan daftar rujukan.
  5. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata oleh. Urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya dengan huruf Times New Roman font 12. Nama program studi, perguruan tinggi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman font 12.
  6. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, berisi tentang inti permasalahan/latar belakang penelitian, tujuan, metode penelitian dan hasil yang diperoleh. Kata abstrak dicetak tebal (bold). Jumlah kata dalam abstrak tidak lebih dari 250 kata dan diketik 1 spasi yang memuat tujuan, metode dan hasil penelitian. Jenis huruf abstrak adalah Times New Roman font 12, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, ditulis dalam satu paragraph, dan tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat. Abstrak dilengkapi dengan Kata Kunci yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstrak dan dicetak tebal (bold).
  7. Pendahuluan harus berisi latar belakang masalah, kajian literatur secara singkat, urgensi mengangkat masalah yang dikaji; dan cara penulis membahas masalah tersebut. Penulis harus menguraikan menjelaskan posisi artikel penulis di tengah kajian-kajian terdahulu yang terkait. Pembahasan harus menunjukkan kontribusi keilmuan penulis dalam artikel yang ditulisnya sehingga penting untuk dipublikasikan..
  8. Metode berisi jenis penelitian yang digunakan, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Pada penelitian pendidikan bagian metode berisi penjelasan tentang jenis penelitian (kuantitatif atau kualitatif), populasi-sampel/informan dan teknik pengambilan/pemilihannya, jenis data, teknik dan instrumen pengumpulan data, dan cara menganalisis/memaknai data terkait dengan masalah penelitian. Di samping itu penulis menguraikan pendekatan atau perspektif yang dipakai secara singkat dalam penulisan naskah artikel. Semua  bagian  ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
  9. Pembahasan berisi paparan hasil penelitian disertai dengan pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf. Hasil penelitian harus didukung oleh data yang valid dan mampu menjawab permasalahan penelitian yang sudah ditetapkan. Pembahasan hasil penelitian harus relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang sudah ditetapkan. Penjelasan harus didukung oleh teori penelitian yang digunakan atau berisi penjelasan apabila hasil penelitian tidak sesuai dengan dengan teori yang digunakan. Pembahasan merupakan jawaban atas pertanyaan berdasarkan pada fakta dari data yang telah diperoleh dan dianalisis dan didukung oleh sumber-sumber yang relevan.
  10. Kesimpulan harus menjawab permasalahan penelitian dan temuan dari penelitian yang dilakukan. Penulis juga dapat memberikan saran berupa masukan dan rekomendasi bagi pihak yang berkepentingan terkait dengan temuan penelitian dan agenda penelitian selanjutnya. Kesimpulan ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah maksimal 450 kata.
  11. Penggunaan format in note dalam kutipan; dengan aturan (Nama belakang, tahun terbit: halaman), contoh: (Moleong, 2010: 6). Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah.
  12. Daftar pustaka memuat referensi yang dirujuk dalam artikel dan diurutkan berdasarkan alfabet. Pustaka yang digunakan berupa pustaka 10 tahun terakhir dengan minimal 70% artikel jurnal dan hasil penelitian. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan APA Style 6th.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.