Implementasi Pemikiran RA. Kartini dalam Pendidikan Perempuan Pada Era Globalisasi

Alliyyah Zahra Permata Putri, Hudaidah Hudaidah

Abstract


Artikel ini bertujuan menjelaskan informasi tentang pemikiran RA. Kartini dapat mengubah pendidikan perempuan dari masa penjajahan hingga masa kini. Menjelaskan arah pemikiran, dan berbagai ancaman serta hambatan dalam implementasiannya. Membahas pengaruh yang diberikan untuk kemajuan pendidikan wanita pada masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka. Data-data diperoleh dari internet, e-book, laporan penelitian terdahulu, jurnal, makalah, artikel, ensiklopedia, buku panduan atau penunjang dan sumber-sumber dari berbagai dokumen atau referensi tentang topik yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada era globalisasi sekarang ini, konsep pendidikan RA. Kartini masih relevan dan terbukti dapat dirasakan oleh perempuan pada zaman sekarang ini. Perempuan bisa bersekolah dan mencapai pendidikan setinggi-tingginya.


Keywords


Pemikiran, R.A Kartini, Pendidikan Perempuan, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Holleman, F. D. (1971). Kedudukan Hukum Wanita Indonesia dan Perkembanganya di Hindia Belanda (Terjemahan Soegarda Poerbakawatja dan Mastini H. Prakoso). Jakarta: Bhratara.

Khamdiyah, H. (2016). Pemikiran emansipasi wanita dan pendidikan RA Kartini dalam buku habis gelap terbitlah terang karya Armin Pane dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam (Doctoral dissertation, STAIN Ponorogo).

Khawari, Nurul. (2012). Kartini dan Perempuan Muda Indonesia. http://www.komnasperempuan.go.id/tafsir-perempuan-untuk-kartini/dalamGatra. Diakses 11 Oktober 2016.

Mulyani, E. (2017). Kesetaraan Gender Dalam Tulisan RA Kartini Perspektif Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Muthoifin, M., Ali, M., & Wachidah, N. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 36–47.

Sasroatmojo, Suryanto. (2005). Tragedi Kartini, Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Sudrajat. (2007). Kartini: Perjuangan dan Pemikirannya. MOZAIK: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-14.

Suparno, Suhaenah. (2001). Wanita dan Pendidikan, Khusus di Indonesia, Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.




DOI: https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan is Indexed by

      

 

View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.