Pengaruh Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum 2013 di Indonesia

Authors

  • Trisna Wulandari Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3413

Keywords:

Pemikiran Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, Kurikulum 2013

Abstract

Perkembangan pendidikan di Indonesia, tidak lepas dari pengaruh pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Tokoh yang memberikan sumbangsi besar untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan mendapat gelar sebagai Bapak Pendidikan Naisonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan pengaruh dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam kurikulum 2013 di Indonesia. Metode penelitian ini adalah kajian pustaka. Sumber data yang digunakan adalah buku dan artikel jurnal yang membahas topik terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemikirannya dalam dunia pendidikan inilah yang menjadi salah satu peran penting dalam menghantarkan pada Kemajuan pendidikan saat ini. Sumbangan pemikiran dan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan sistem among dan tripusat pendidikan memiliki kesesuaian dengan penerapan kurikulum 2013 yaitu pendidikan harus mengedepankan jasmani, akal, sosial, dan rohani. Hingga kini semboyan Tut Wuri Handayani yang mengandung arti di belakang memberi dorongan telah menjadi semboyan untuk pendidikan di Indonesia.

References

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Albany, D. A. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 7(2), 93-107.

Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245-258.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1637.

Darmawan, I. P. A. (2016). Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proseding Seminar Nasional dan Bedah Buku, 24 Mei 2016. 119-130.

Devi, R. (2020). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Sistem Among di Perguruan Taman Siswa Yogyakarta (1922-1945). PERIODE: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 2(2), 87-99.

Dewantara, K. H. (2014). Ki Hadjar Dewantara. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka. Yogyakarta: UST-Press.

Harahap, H.A.H. (1980). Ki Hajar Dewantara dan Kawan-Kawan: Ditangkap Dipenjarakan dan Diasingkan. Jakarata: Gunung Agung.

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81.

Rahayu, E. P., & Sugito, S. (2018). Implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Taman Kanak-Kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 19-31.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.

Syaikhudin, A. (2012). Konsep pemikiran pendidikan menurut paulo freire dan ki hajar dewantoro. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10(1), 79-92.

Tilaar, H.A.R. (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Disampaikan Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Semester Ganjil 2017/2018

Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237-265.

Yohana, N. (2017). Konsepsi Pendidikan Dalam Keluarga Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulung. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 126-145.

Zulfiati, H. M. (2018). Sistem Among Ki Hajar Dewantara Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhamamdiyah Cirebon, 311-322.

Downloads

Published

2021-12-30