Efektivitas Penyerapan Dana PKH dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Gereneng Lombok Timur

Authors

  • Nita Piana Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3726

Keywords:

Efektivitas, Dana PKH, Kesejahteraan, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gereneng dan efektivitas penyerapan dana PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gereneng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini meliputi kondisi umum Desa Gereneng dan efektivitas penyerapan dana PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gereneng. Dana PKH bisa dikatakan sudah efektivitas walaupun belum maksimal. Tapi setidaknya dengan adanya program ini kehidupan masyarakat bisa hidup lebih baik dari sebelumnya. Telah terlihat bahwasanya semangat orang tua untuk menyekolahkan anaknya agar bisa menjadi penerus  bangsa  dan  agar kelak  bisa  hidup  lebih  sejahtera. Hal ini PKH telah berhasil menyelamatkan anak-anak yang kurang mampu untuk putus sekolah.

References

Anom. (2018). Pengaruh Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Sembalun Kabupaten Lombok Timur (Study Kasus Pada Usaha Tani Kentang 2017).

Apando Ekardo,Firdaus& Elfrmemi Nilda. (2014). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Upaya Penentasan Kemiskinan di Nagari Langan Hilir, Kab. Pesisir Selatan.Sumartera Barat.

Asrinati. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran dan Belanja Pemerintah Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia.

Arikanto Suharsimi. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, PT RinekaCipta, Jakarta.

AyuRizka. (2017). Pemerdayaan Masyarakat Desa Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pembuatan Sapu Gelagah di Desa Kanjongan Kec Bojong Sari Kabupaten Purbalingga.

(2011-2016). Badan Pusat Statistik Kebupaten Lombok Timur Tentang Kemiskinan.

(2018). Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Timur Tentang Pengangguran Bulan Agustus.

Berutu. (2018). Kesejahteraan Ekonomi Petani Tradisonal Bawang Merah di Haranggaoaal.

Diana Ridho. (2018). Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Pengurangan Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Dwi Rantika. (2015). Dampak Keberadaan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitaran Industri di Desa Sukamana Megamendung Kabupaten Bogor.

Eko Hardoyo. (2015). Masyarakat Indonesia, Ombak: Yogyakarta.

Fauziyah, N. R. (tahun 2010-2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka di Pulau Jawa.

Husni Ihlal Jamilatul. (2018). Program Keluarga Harapan (PKH) dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Leming Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.

Kartikawati. (2017). Analisis Efektivitas Keluarga Harapan (PKH) Dalam Pengentasan Kemiskinan di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.

Mohammad Rizal. (2017). Pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sidoarjo.

Sadono. (2013). Mikro Ekonomi Teori Pengantar, PT Raja Garindo persaja, Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta,bandung.

Sugiyono. (2013). Penelitian Kualitatif, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Downloads

Published

2019-12-30