Tahap Define dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J., Wittrock, M.C. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Pearson, Allyn & Bacon.
Ercan S., Altan EB., TaÅŸtan B., DaÄŸ I. 2016. Integrating GIS into Science Classes to Handle STEM Education. Journal of Turkish Science Education, 13 (Special Issue), 30-43.
Ibrahim, Muslimin. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Jufri AW, Qadri BA, Hikmawati, Maulyda MA, Sriwarthini NLPN. 2020. Belajar dan Pembelajaran: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Mataram: Sanabil.
Junaidi A., dkk. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Noeraida & Sulaeman AA. 2018. UNIT PEMBELAJARAN STEM Mata Pelajaran IPA SMP Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH). Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Ntemngwa, C. & Oliver, J.S. (2018). The Implementation of Integrated Science Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Instruction using Robotics in the Middle School Science Classroom. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 6(1), 12-40. DOI:10.18404/ijemst.380617.
Permanasari A. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains: “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21†Surakarta, 22 Oktober 2016.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).
Siswanto, Slamet, W., Darjatiningsih, I., Mulyana, B. 2018. Fisika SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tim Penyusun. 2019. Profil Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2012 TENTANG PENDIDIKAN TINGGI.
Wijayanti A. & Fajriyah K. 2018. Implementasi Stem Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6 (2), 69-69.
DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: kappajournal@hamzanwadi.ac.id,
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.