Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for SeBaSa?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bagi para penulis yang ingin menerbitkan artikelnya di SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kami menyarankan untuk membaca dan mematuhi pedoman penulisan berikut ini.

  1. Artikel yang diterima berupa hasil penelitian, pemikiran konseptual, atau tinjauan kritis dalam bidang bahasa, sastra, atau pembelajarannya. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, konsep teori dan pemikiran yang menawarkan nilai kebaharuan.
  2. Artikel yang dikirimkan adalah naskah yang belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diusulkan di jurnal atau media lainnya. Naskah dikirimkan secara daring (online) melalui laman OJS SeBaSa di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs.
  3. Penulis diperbolehkan menarik artikel yang sudah dikirimkan sebelumnya selama belum sampai pada proses review dengan memberikan pemberitahuan kepada pihak editor. Apabila naskah sudah sampai tahap review, penulis tidak diizinkan untuk menarik naskah tersebut, kecuali naskah tersebut dinyatakan ditolak oleh reviewer.
  4. Sebelum mengirimkan naskah, penulis terlebih dahulu membuat akun dan registrasi di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/user/register
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Judul artikel ditulis dalam bahasa Inggris. Panjang artikel antara maksimal 6000 kata, jenis kertas A4 spasi 1,15 cm, ukuran rata kiri-kanan 3 cm, atas-bawah 3 cm, Garamond 12pt, format doc./docx./rtf. (windows 2007 ke atas). disarankan mengikuti TEMPLATE yang sudah disediakan.
  6. Penulis mengirimkan naskah artikel yang sudah disesuaikan dengan gaya selingkung SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Silakan mengunduh TEMPLATE (di sini). Artikel yang tidak sesuai template Jurnal SeBaSa akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki. Hanya artikel yang sesuai format template Jurnal SeBaSa yang akan diproses oleh Editor.
  7. Penulis harus mengunduh SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI (di sini). surat pernyataan di scan pdf kemudian dikirim ke email: sebasa.jurnal@gmail.com
  8. Pustaka rujukan disusun secara alfabetis dan kronologis. Disarankan untuk menggunakan aplikasi, seperti Endnote, Mendeley, atau sejenisnya. Pengutipan referensi hendaknya menggunakan APA Style (bisa melihat contohnya di http://www.apastyle.org)
  9. Bila diperlukan, editor berhak menyunting artikel tanpa mengubah substansi naskah.
  10. Jurnal SeBaSa diterbitkan dua kali setahun yaitu bulan Mei dan November.
Isi dalam artikel merupakan tanggung jawab penuh penulis.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Penulis menjamin bahwa artikel yang dikirimkan adalah naskah asli penulis, bukan karya milik orang lain.
  2. Naskah yang dikirimkan tidak pernah dipublikasikan di media mana pun sebelumnya, atau tidak sedang diusulkan di jurnal lainnya.
  3. Naskah yang dikirimkan sudah memenuhi pedoman sesuai dengan PEDOMAN PUBLIKASI dan TEMPLATE SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Penulis bersedia mengikuti proses publikasi yang berlaku di SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.