Realitas Sosial Objektif Dalam Novel "Kado Terbaik" Karya J.S. Khairen

Authors

  • Kurniasih Kurniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dian Hartati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.12251

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan realitas sosial secara objektif kehidupan panti asuhan yang terdapat dalam novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen. Pendekatan dalam penelitian yakni sosiologi sastra. Ada pun teori yang digunakan yaitu realitas sosial objektif menurut George Ritzer. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan teknik analisis isi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik membaca dan mencatat. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) membaca dan memahami karya sastra, (2) menginterpretasikan satu per satu data hasil temuan, dan (3) membuat simpulan berdasarkan data dan interpretasi sebelumnya. Hasil penelitian realitas sosial objektif dalam novel tergambar melalui beberapa aspek yaitu: (1) aspek ekonomi realitas sosial berupa penelantaran, (2) aspek penindasan berupa kekerasan, penganiayaan, penculikan dan penjualan organ tubuh, (3) aspek kebudayaan berupa pulang kampung dan baju lebaran, (4) aspek agama berupa mengaji, salat, dan puasa, (5) aspek moral berupa pencopet, maling kotak amal masjid, dan pengirim obat-obatan, dan (6) aspek pendidikan berupa tidak mengenal pendidikan dan putus sekolah. Realitas sosial dalam novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen ialah cerminan terkait kehidupan anak-anak di panti asuhan ilegal.

Kata Kunci: Novel Kado Terbaik, Realitas Sosial, Sosiologi Sastra

References

Anggraini & Dewi. (2022). Kritik Sosial Dan Materialistis dalam Naskah Drama “Cipoa” karya Putu Wijaya: Telaah Sosiologi Sastra. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol 11(2), 124-138.

Asri & Irma. (2021). Aspek Sosial Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Jurnal SeBaSa, 4(2), 43–57.

Faruk. (2015). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harun, Triyadi, & Muhtarom. (2022). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Ancika karya Pidi Baiq (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, Vol. 8(No. 2), 466-474.

Hidayat, M. W. (2014). Pemilik Panti Asuhan Samuel Divonis 10 Tahun. Metro Tempo. https://www.google.com/amp/s/metro.tempo.co/amp/625966/pemilik-panti-asuhan-samuel-divonis-10-tahun, diakses pada 21 November 2022.

Imam, A. (2017). Kritik Sosial dalam Novel O karya Eka Kurniawan: Kajian Sosiologi Sastra. Humanis: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, Vol. 9(No. 2), 127-134.

Khairen, J. S. (2022). Kado Terbaik. Jakarta: Gramedia.

Ngada, E. Y. P. (2022). Perbandingan Novel Mariposa karya Luluk HF dengan Film Mariposa yang Disutradarai oleh Fajar Bustomi. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol 11(2), 103-112.

Nilawijaya & Awalludin. (2021). Tinjauan Sosiologi Sastra dalam Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 13–24.

Nugroho & Supratno. (2020). Realitas Sosial dalam Novel Cermin Jiwa Karya S. Prasetyo Utomo (Kajian Teori Emile Durkheim). Jurnal Sapala, 7(1), 1–11.

Putri, D. S. (2018). Realitas Sosial dalam Novel Isinga Karya Dorothea Rosa Herliany (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Sapala, 5(1), 1–16.

Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rismayanti, Martha, & Sudiana. (2020). Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Puzzle Mimpi karya Anna Farida. Jurnal Sosial Dan Ilmu Humaniora, 9(1), 7–14.

Rosdiani, Nurhasanah, & Triyadi. (2021). Realitas Sosial dalam Novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 82–100.

Safari, D. M. (2018). Novel Belantik karya Ahmad Tohari (Pendekatan Sosiologi Sastra). Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 183–187.

Saputri & Hariadi. (2020). Realitas Sosial dalam Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 83–92.

Sasmika, Maspuroh, & Rosalina. (2022). Masalah Sosial dalam Novel La Muli karya Nunuk Y. Kusmiana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, Vol. 8(No. 1), 1-12.

Septiani, E. (2021). Ketidakadilan Sosial Dalam Novel Anak Gembala Yang Tertidur Panjang Di Akhir Zaman Karya A. Mustafa. Jurnal SeBaSa, 4(2), 120–134.

Sulastri, S. (2019). Representasi Nilai Kesetiaan Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 269–280.

Syukur, M. (2017). Kaleidoskop 2017: Heboh Panti Asuhan Maut di Pekanbaru. Liputan 6. https://m.liputan6.com/regional/read/3203238/kaleidoskop-2017-heboh-panti-asuhan-maut-di-pekanbaru, diakses pada 21 November 2022.

Widyaningsih, Lisa; & Miatin, G. (2020). Proses Perjuangan Kelas dalam Novel Si Anak Badai karya Tere Liye (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra). Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 1–14.

Wirawan, I. (2012). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Kurniasih, K., & Hartati, D. (2023). Realitas Sosial Objektif Dalam Novel "Kado Terbaik" Karya J.S. Khairen. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 107–122. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.12251

Most read articles by the same author(s)